Install dan Optimasi CentOS di VPS

Mengelola VPS di CentOS Linux

Jika sebelumnya yang kita bahas adalah tips mencari dan memilih penyedia jasa VPS yang handal, untuk kali ini kita belajar bagaimana menginstall CentOS di VPS. Untuk menginstall VPS sendiri biasanya sudah disediakan template OS sehingga kita bisa menggunakannya dan cepat tanpa harus melakukan banyak hal. Pada contoh kali ini saya menggunakan VPS dari Stylexnetworks.com.

Install dan Optimasi Linux CentOS pada VPS atau Dedicated Server

Di sini saya menggunakan VPS dengan speech 1 Core CPU, 6GB hardisk drive dengan RAM 128 MB. Speech ini hanya contoh, karena ketika anda menggunakan untuk hosting sebaiknya anda order dengan RAM minimal 512MB untuk memudahkan anda dalam mengelola website.

Kembali ke topik utama, inilah step by step menginstall CentOS di VPS (Di sini saya menggunakan teknologi vistualisasi XEN VPS. Untuk yang lainnya, metodenya hampir sama hanya beda menu saja).

  • Login ke Control Panel dari hosting yang sudah anda order.
  • Konfigurasi speech dari server.
  • Install OS yang anda inginkan. Karena di sini adalah tutorial mengenai CentOS, maka anda harus memilih CentOS dan versi yang saya gunakan adalah versi CentOS 6.
    Rebuild VPS menggunakan CentOS
  • Selanjutnya segera install VPS anda.

Jika anda terbiasa menggunakan versi Linux yang lain, silahkan saja dan tidak menjadi masalah. Tergantung selera, yang penting menggunakan Linux.

Setelah proses build VPS selesai, silahkan melanjutkan koneksi ke VPS. Anda bisa menggunakan SSH di Linux atau Putty di Windows. Jika menggunakan Putty, anda bisa baca referensi di sini, tips menggunakan Putty untuk koneksi VPS.

Sekarang saya anggap anda sudah bisa login menggunakan user root dan sudah mendapatkan shell (Tempat untuk mengetik di VPS). Lanjutkan dengan mengetikkan perintah di bawah ini:

#yum clean all
#yum remove httpd
#yum update
#yum install nano

Yum Install VPS

Keterangan:

  • yum clean all berfungi untuk menghopus cache pada CentOS.
  • yum remove httpd untuk menghapus apache dari CentOS. Di sini kita hapus karena kita akan menggunakan Nginx web server, bukan apache.
  • yum update berfungsi untuk mengupdate OS dan kesluruhan system dari CentOS. Anda cukup melakukannya sekali saja ketika pertama kali intall. Jika ditanya apakan ingin melakukan update, ketik huruf Y dan diikuti dengan perintah rombol Enter. Jika ditanya apakah ining mengimport GPG Key, pilih yes. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, tergantung kecepatan server dan kecepatan netword dari server. Jika update sudah selesai anda akan mendapatkan pesan Complete!
  • yum install nano berfungi untuk menginstall teks editor nano. Aplikasi ini nantinya akan kita gunakan untuk mengedit file teks pada VPS. Selain nano sebenarnya ada teks editor lain yaitu vi, tetapi menurut saya priadi, nano lebih user friendly daripada vi.

Selanjutnya untuk mengoptimalkan VPS anda bisa mematikan/menonaktifkan aplikasi/task pada StartUp dari VPS yang menjalankan perintah tertentu ketika VPS baru menyala atau baru direstart. Untuk mengetahui apa saja startup yang diload ketika VPS baru menyala, lihatlah keterangan di bawah ini:

#chkconfig --list
#chkconfig udev-post off
#chkconfig --del cgrd
#shutdown -r now

Mengelola VPS di CentOS Linux

Keterangan:

  • chkconfig –list untuk mengetahui task apa saja yang dijalankan pada saat OS baru menyala. Tanda kolom on menandakan kalau task teserbut aktif, sedangkan tanda kolom off menunjukan kalau task tersbut tidak aktif yang tentunya tidak akan dijalankan ketika OS baru dijalankan.
  • chkconfig udev-post off adalah untuk menonaktifkan task udev-post. Task ini sebelumnya tidak begitu dibutuhkab untuk hosting sehingga kita bisa menonaktifkannya.
  • chkconfig –del cgrd adalah perintah untuk menghapus task. Anda bisa melakukannya kalau anda sendiri memang mengerti apa fungsi task tersebut dan mengapa harus dimatikan.
  • Jika ingin mengetahu lebih jauh lagi perintah chkconfig, anda bisa mengetikan chkconfig –help pada command line.
  • shutdown -r now berarti anda akan merestart VPS anda. Hal ini dimaksudkan untuk melihat hasil dari konfigurasi yang baru saja anda lakukan.

Beberapa perintah lain yang mungkin bisa anda gunakan dalam mengelola VPS antara lain:

#cat /etc/redhat-release
#uname -m
#ifconfig eth0
#clear

Install CentOS di VPS untuk keperluan hosting

Keterangan:

  • cat /etc/redhat-release adalah perintah untuk mengetahui versi OS yang anda gunakan (Dalam hal ini adalah keluarga Redhat Linux).
  • uname -m berfungsi nntuk mengetahui apakah OS yang anda gunakan itu 64 bit atau 32 bit. Jika yang yang keluar adalah i386 atau i686, itu artinya 32 bit sedangkan jika yang keluar adalah x86_64 berarti OS anda berbasis 64 bit.
  • ifconfig eth0 (Huruf terakhir dari eth0 adalah huruf NOL) berfungi untuk mengetahui IP Address dari VPS anda. Coba perhatikan hasilnya dengan seksama.
  • clear berfungi untuk membersihkan layar/screen dari VPS yang anda kelola.

Sekarang Linux CentOS pada VPS anda sudah siap digunakan. Tahap selanjutnya adalah step by step menginstall Nginx web server yang akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Jika ada pertanyaan dengan artikel ini, jangan pernah ragu untuk reply pada komentar di bawah ini. Jika kami mampu, dengan rela hati kami siap membantu anda.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

2 Comments on Install dan Optimasi CentOS di VPS

  1. mantab tu postingannya, tapi lebih bagus lagi klo ada postingan step by step install centos untuk hosting camfrog video chat.

    karena saya lagi kebingungan buat cari trik supaya vps atau dedecated bekerja secara optimal untuk server camfrog, yang pernah saya alami, saya sewa VPS seharga 400rb an gitu lah.

    kalau saya yang install sendiri tu camfrog server mentok di 400 user sudah berat servernya, akan tetapi kalau saya menginstallkan pada orang temen sesama camfrog hosting (pakek bayar) VPS seharga 250rb bisa lebih dari 1500 user.

    dalan hati saya bertanya2 “kok bisa ya” maksud saya jika ada trik2 tertentu yang bisa mengoptimalkan camfrog server, tolong dong pak admin web ini bagi2 tutorialnya, atau bisa juga di posting di webnya, itu bisa bakalan menyedot camfroger pada nimbrung disini buat tes tu tutorial hehehehehehe maaf agak kebanyakan comennya maaf ya pak admin (masih belajar)

  2. oh iya ada tambahan. bagi juga dong comand2 centos untuk nahan DDOS dan DOS, biar aman servernya, oh iya setting firewallnya juga ya pak admin hehehehehe

    udah nanya bawel pula saya ini hehehehe “maap”

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*