HTOP, Tools untuk Memonitor Kinerja Keseluruhan System Pada VPS Linux CentOS

Intall HTOP di VPS Linux CentOS

Artikel ini merupakan bagian dari step by step konfigurasi web server di VPS menggunakan CentOS, di mana artikel tersebut menjelaskan proses build hosting sendiri dari awal hingga akhir.

Intall HTOP di VPS Linux CentOS

Kalau di Windows kita memiliki yang namanya Task Manager, di Linux kita memmpunyai TOP. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memonitor kinerja system dan melihat apa saja proses yang sedang berjalan, baik itu di background dan foreground. Jika belum mengerti kedua istilah tersebut, background adalah proses yang berjalan dibelakang sehingga tidak bakal tampak di layar, sedangkan foreground adalah proses yang berjalan dan tampak di layar. Contoh kecil dari proses background adalah proses Automatic Windows Update, sedangkan foreground yaitu proses ketika kita membuka Microsoft Word.

Kembali ke topik utama. Ketika anda menjalankan VPS lewat remote, anda bisa mengetikkan perintah top untuk memonitor apa saja proses yang sedang berjalan di VPS, mulai dari nama-nama proses yang berjalan, user yang menangani/menjalankan, ID dari proses, processor yang terpakai dan memory yang dipakai. Sayagnya, tampilan output dari tools top ini kurang menarik dan mungkin saja kita akan bosan dengan tampilan tersebut.

TOP di Linux untuk memonitor System

Karena tampilan yang kurang menarik itulah, kita bisa menggunakan htop untuk menggantikan top yang tentunya memiliki tampilan output yang lebih menarik. Karena htop bukan merupakan tools default dari CentOS, maka kita harus menginstallnya terlebih dahulu di VPS. Step by step cara menginstall htop bisa anda lihat di bawah ini:

  • Login ke VPS menggunakan user root.
  • Kunjungi halaman ini http://pkgs.repoforge.org/htop/ dan di sana ada banyak versi dari htop. Anda bisa menggunakan versi berapa saja dengan catatan harus sesuai dengan OS yang anda gunakan. Karena di contoh ini kita menggunakan CentOS 6 32 bit, maka yang kita harus CentOS 6 32 bit. Untuk versi, sebaiknya gunakan versi terakhir saja.
  • Download htop ke VPS menggunakan perintah wget. Jika belum tahu mengenai perintah wget anda bisa ke sini, contoh penggunaan wget di Linux dan VPS.
  • Install htop yang baru saja anda download dengan opsi rpm -Uvh. Lebih jelasnya lihatlah di bawah ini.
#wget http://pkgs.repoforge.org/htop/htop-1.0.1-2.el6.rf.i686.rpm
#rpm -Uvh htop-1.0.1-2.el6.rf.i686.rpm
#htop

Keterangan:

  • wget http://pkgs.repoforge.org/htop/htop-1.0.1-2.el6.rf.i686.rpm adalah perintah untuk download paket htop ke VPS.
  • rpm -Uvh htop-1.0.1-2.el6.rf.i686.rpm adalah perintah untuk install htop di VPS.
  • htop adalah perintah eksekusi htop.
Peintah HTOP di Linux VPS

Cukup mudah bukan? Sekarang anda bisa memonitor proses di Linux VPS menggunakan htop dengan tampilan yang lebih user friendly.

About Ahmad Sukses 84 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*