Membuat Nano Sebagai Standard Teks Editor untuk Crontab Pada Linux di VPS

Nano untuk mengedit file Crontab

Kembali belajar Linux untuk yang kesekian kalinya. Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengganti default dari teks editor crontab yang sebelumnya menggunakan vi diganti menggunakan nano. Alsan penggantian ini cukup sederhna karena nano lebih user friendly daripada vi.

Crontab File Editor

Langsung saja, berikut ini tips dan trik membuat nano sebagai teks editor dari crontab:

  • Login ke linux menggunakan user root. Jika yang anda kelola adalah VPS, anda bisa menggunakan aplikasi putty untuk login ke VPS tersebut.
  • Pastikan tools/aplikasi nano sudah terinstall di VPS Linux anda. Jika belum tahu cara install nano, silahkan kunjungi halaman cara install nano di VPS (Bagian install nano).
  • edit file /etc/bashrc menggunakan nano dengan perintah nano /etc/bashrc.
  • Tambahkan teks export EDITOR=”nano” pada baris terakhir dari file tersebut.
  • Setelah itu keluar dari teks editor dengan menggunakan Ctrl+X dan jawab Y yang dikuti dengan tombol enter.
Nano untuk mengedit file Crontab

Selesai sudah. Jika ingin melakukan percobaan untuk apakah apa yang sudah anda lakukan sudah berjalan atau belum, coba logout dari VPS, kemudian login kembali ke VPS. Selanjutya, coba edit crontab menggunakan perintah crontab -e.

Mengganti vi dengan nano untuk teks editor Linux

Dengan begini, crontab anda akan lebih user friendly karena menggunakan teks editor nano yang sebelumnya menggunakan vi. Semoga artikel cara mengganti vi dengan nano sebagai teks editor dari crontab ini bermanfaat untuk anda.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*