Membangun WiFi HotSpot Sederhana Menggunakan Koneksi Telkom Speedy

Wireless Hotspot Access Point

Seperti judul artikel ini sekarang kita akan belajar membangun HotSpot kecil-kecilan menggunakan koneksi speedy. Di sini modal utama yang harus kita miliki adalah koneksi speedy dan satu buah modem wireless. Pada contoh ini saya menggunakan modem TP-Link TD-W8101G yang saya beli setahun yang lalu serta koneksi speedy paket Socialia dengan harga Rp sekian (Silahkan cari informasi sendiri ya harganya).

WiFi Internet Wireless Hotspot

Karena paket Socialia dari speedy hanya memberikan bonus modem ADSL biasa dan tanpa ada fitur Wireless, untuk itu anda harus membeli modem secara terpisah. Anda bisa memilih modem merek apa saja, yang penting memiliki fitur wireless access point. Berikut ini langkah-langkah untuk membanguns HotSpot Wireless.

Yang harus dilakukan pertama kali adalah menghidupkan modem. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pasang power adaptor ke stop kontak listrik.
  • Pasang ujung konektor power supply ke modem Wireless.
  • Nayalakan modem dengan menekan tombol power.
  • Reset modem dengan cara tekan bagian belakang modem dengan menggunakan jarum (Atau benda lain yang sejenis) selama kurang lebih 3 detik. Hal ini diperuntukan agar modem kembali restart ke kondisi semula.
  • Pasang konektor kabel telp ke modem.

Selanjutnya kita akan mulai untuk setting modem. Untuk setting pertama kali, anda bisa setting menggunakan kabel LAN dengan mengkoneksikannya ke komputer/laptop atau anda bisa menggunakan Wireless secara lansung. Jika menggunakan Wireless, anda harus mengkoneksikannya terlebih dahulu ke Accent point dari modem tersebut. Pastikan kabel telp sudah tersambung dengan modem.

Untuk setting ikuti petunjuk berikut ini:

  • Nyalakan komputer dan buka web browser.
  • Akses dengan mengetikkan IP Address dari modem yaitu 192.168.1.1 (IP Address ini adalah IP Address default dari modem TP-Link TD-W8101G dan mungkin berbeda dari modem anda. Coba lihat di manual book dari modem).
  • Masukkan username admin dan password admin. Ini adalah password default dari modem anda. Mungkin user dan password ini akan berbeda dengan modem yang anda miliki. Coba lihatlah buku petunjuk.
    User dan Password Modem Speedy
  • Jika user dan password anda sudah benar, anda akan melihat tampilah seperti di bawah ini (Atau yang sejenis, tergantung modem yang anda gunakan).
    Setting WiFi modem Speedy
  • Selanjutnya setting speedy anda dengan mode Wizard untuk memudahkan anda.
  • Pada bagian ISP Connection Type, pilih PPPoE/PPPoA (Sesuai dari arhan pihak speedy).
    Tipe ISP Telkom Speedy 
  • Masukkan username dan password yang diberikan pihak speedy.
    Username dan password Speedy
  • Pilih salah satu jenis autentikasi dari Speedy.
    Jenis security dan password dari jarigan Hotspot Wireless
  • Selesai sudah, sekarang speedy anda sudah bisa digunakan untuk Wireless HotSpot sederhana.

Cukup mudah bukan? Dengan begini anda sudah mempunyai HotSpot sederhana yang bisa digunakan untuk koneksi internet secara bersama-sama. Anda bisa berbagi internet dengan yang lain tanpa harus ribet dengan koneksi melalui kabel menggunakan jaringan kabel LAN. Sebagai contoh, lihat gambar di bawah ini (Klik untuk memperbesar ukuran gambar).

Wireless Hotspot Access Point

Semoga artikel cara membangun hotspot sederhana menggunakan koneksi internet speedy telkom ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika  anda punya kesulitan saat menggunakan speedy, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Jika kami bisa, kami siap membantu problem yang sedang anda hadapi.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

18 Comments on Membangun WiFi HotSpot Sederhana Menggunakan Koneksi Telkom Speedy

    • @ammar: Pakai settingan seperti ini tidak bisa ya?

      APN = indosat3g
      Username = indosat
      Password = indosat
      Dial Number = *99***1#

      Atau seperti ini

      APN = indosatgprs
      Username = indosat
      Password = indosat
      Dial Number = *99***1#

      Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

  1. kak aq bru gnti modem krn sering rto tp tipe yg sama..
    mw tnya hrus setting ulang lg gx?
    truz ql dlu dah install driver, musti di uninstall dlu kah?? thx..

    • @Sheila: Sepertinya kalau RTO bukan karena modemnya, melainkan paket internet yang anda gunakan, butuh yang lebih cepat (tentunya lebih mahal). Atau bisa juga karena jaringan di tempat anda kurang support, di area sibuk atau jauh dari BTS.

  2. mas admin, saya mau tanya.

    modem saya, dulu sebelum wi-finya diaktifin paling IP addressnya aja yang sering berubah,
    tapi setelah wi-finya diaktifin selain IP addressnya yang berubah, tidak bisa koneksi internet juga, akhirnya ya harus direset paksa biar bisa disetting ulang soalnya buat masuk ke settingan dengan masukin 192.168.1.1 (biasanya kan seperti itu) tapi ga bisa. itu karena modemnya ato karena jaringannya ada yang ‘ngacak-ngacak’ yah ?!

    mohon pencerahannya !

    • @Dedy: Coba setting IP Address menggunakan Manual/Statis, jangan yang DHCP, kemudian setting laptop sesuai dengan alokasi IP Address yang sudah ditentukan. Lanjutkan dengan test beberapa hari.

      Kalau masih sama coba pinjam modem teman dengan merek berbeda, kemudian test, baik DHCp atau Statis. Kalau hasilnya berbeda berarti modem anda yang bermasalah. Kalau masih sama, coba sewa jasa install jaringan di tempat anda agar bisa setting dengan baik.

    • @aries: Login ke admin dari modem (defaultnya menggunakan web browser dengan IP Address 192.168.1.1, user admin dan password admin) kemudian setting security di dalamnya.

      Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  3. Klo pakai laptop, khan udah ada wifinya gan, bisa dishare engga koneksi speedy dgn menggunakan wireless laptop ?

  4. blogmu pakek iklan otomatis …………….

    inilah yang membuat blog ini semakin jelek?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*