Tips Menggunakan Internet Dengan Baik

Menuntut Ilmu dari Internet

Manfaat internet bagi kehidupan sehari-hariKini anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari artikel-artikel atau ketinggalan berita terbaru walaupun tidak berlangganan koran atau majalah. Sekarang dunia sudah semakin maju dan kebanyakan orang berpindah dari penggunaan kertas ke media elektronik. Jika anda ingin membaca buku atau membaca berita terkini tidak perlu susah-susah ke toko buku.

Anda hanya tinggal menyalakan komputer dan menggunakan koneksi internet, maka dunia serasa berada di tangan anda. Tidak hanya berita dalam negeri, tetapi berita luar negeri pun bisa anda ketahui dalam waktu sekejap saja. Itulah yang membuat orang-orang bias menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer karena semua hal yang ingin mereka ketahui dapat dengan segara keluar jawabannya dalam hitungan menit.

Tapi jangan salah, walaupun banyak sekali manfaat dari internet yang bisa kita gunakan, ada juga beberapa kekurangan. Banyak orang-orang yang menyalah gunakan internet untuk menyebarkan hal-hal yang tidak baik. Untuk itulah anda harus tahu beberapa tips menggunakan internet dengan baik seperti yang akan kita bahas di bawah ini. Tidak ada salahnya bukan untuk memulai berinternet sehat?

1. Menggunakan internet sebagai ajang untuk menambah ilmu.

Banyak sekali hal-hal baru di dunia ini yang belum kita ketahui. Dan salah satunya bisa kita cari di internet. Manfaatkan internet untuk menambah wawasan anda tentang hal-hal baru. Mulai yang terjadi di sekitar anda atau mungkin sesuatu di luar sana yang ingin anda ketahui. Para pelajar dan mahasiswa juga dianjurkan membaca tips menggunakan internet dengan baik ini untuk mencari tugas yang diberikan oleh guru atau dosen anda. Bisa juga untuk saling bertukar materi dengan teman sehingga menguntungkan anda sendiri dan juga orang lain.

Menuntut Ilmu dari Internet

2. Jangan sembarang memberitahu data diri anda pada sembarangan orang.

Berhati-hatilah saat berinternet karena tidak semua orang yang anda temui di internet itu orang-orang baik. Jika anda berkenalan dengan orang baru, jangan pernah memberikan data diri pribadi anda kecuali orang tersebut benar-benar bisa dipercaya dari mana asalnya. Biasanya hal ini sering terjadi pada generasi muda yang gemar untuk bermain facebook atau twitter.

Gunakanlah situs-situs pertemanan dengan bijaksana. Tips menggunakan internet dengan baik salah satunya adalah untuk bergaul di internet dengan orang-orang yang sudah anda kenal jelas asal-usulnya saja. Jangan mencoba membahayakan diri anda sendiri dengan berkenalan dengan orang asing.

3. Gunakan internet untuk transaksi bisnis.

Nah bagi anda yang memiliki bisnis dan ingin bisnis tersebut lebih maju dalam hal pemasaran, maka internet adalah salah satu jawabannya. Anda bisa memasarkan barang-barang jualan anda di berbagai situs agar pembeli bisa datang tidak hanya dari daerah tempat tinggal anda namun juga dari luar kota atau bahkan sampai luar negeri. Namun gunakanlah transaksi dengan tingkat security yang aman. Berhati-hatilah dengan nomor kartu kredit anda karena orang-orang jahat bisa berada di mana-mana.

4. Jangan lupa untuk benar-benar keluar dari situs tertentu.

Jika anda tidak memakai komputer secara pribadi, maka tips menggunakan internet dengan baik selanjutnya adalah untuk tidak lupa me-log out atau keluar dari situs tertentu dengan betul. Jangan asal klik tombol silang saja karena saat browser tersebut dibuka lagi, maka data-data akan keluar sama seperti saat di closed terakhir kali.

Internet Sehat

Oleh karena itu pastikan selalu log out saat anda berada di situs-situs pribadi anda seperti jejaring sosial atau situs-situs yang membutuhkan password anda.

Jadi sekarang sudah tahu kan tips menggunakan internet dengan baik? Nah mulai sekarang lebih berhati-hatilah karena kejahatan itu bisa dilakukan dimana saja, termasuk di internet.

2 Comments on Tips Menggunakan Internet Dengan Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*