Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya komputer lemot. Nah itu menandakan bahwa komputer anda sudah lelah karena terlalu lama bekerja. Komputer anda adalah sebuah mesin yang tetap harus dijaga jika tidak ingin cepat rusak. Kalau sudah rusak biaya yang harus dikeluarkan untuk membetulkannya tidaklah sedikit. Bahkan bisa juga anda harus menggantinya dengan yang baru karena komputer lama sudah tidak bisa dibetulkan lagi.

Speed Computer

Nah untuk menghindari hal-hal ini terjadi anda harus merawat komputer anda dengan baik mulai sekarang. Walaupun komputer adalah mesin namun anda tetap tidak bisa memperlakukannya dengan semena-mena. Untuk itulah anda tidak boleh memaksa komputer melakukan hal-hal yang diatas batas kemampuannya. Namun jika anda kesal karena komputer anda terlalu lemot, maka dibawah ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cara mempercepat kinerja komputer.

  1. Cara yang pertama adalah dengan menghindari program yang tidak berguna. Jika melihat program-progam baru yang menarik pasti anda tidak segan lagi untuk mengunduhnya. Namun jika terlalu banyak maka akan mengganggu kinerja komputer anda. Untuk itulah coba pilih betul-betul program apa saja yang dibutuhkan oleh komputer anda. Jika tidak dibutuhkan lagi segeralah uninstall program-program tersebut sebagai salah satu cara mempercepat kinerja komputer anda. Caranya gampang yaitu dengan menuju ke control panel lalu add or remove programs. Di sana anda akan melihat bermacam-macam program yang terinstal di komputer anda. Pilih yang tidak lagi digunakan lalu klik uninstall agar terhapus dari komputer anda.
  2. Cara yang kedua adalah dengan mematikan beberapa fitur start up yang tidak berguna. Caranya mudah, anda tinggal mengetik di RUN pada start menu dengan MSCONFIG lalu enter, pilih menu start up lalu hilangkan semua centang pada start up kecuali program antivirus. Setelah itu klik menu service, lalu hilangkan tanda centang pada automatic updates. Setelah itu anda tekan apply lalu pilih OK cara mempercepat kinerja komputer anda yang satu ini bisa langsung anda rasakan manfaatnya.
    Mematikan Start Up pada Komputer
  3. Tidak usah memakai widget desktop terlalu banyak atau buang-saja hal-hal yang tidak diperlukan. Contohnya seperti jam juga disarankan untuk tidak usah memakai tema-tema komputer yang dapat memperberat kinerja RAM dan CPU komputer anda.
  4. Cara mempercepat kinerja komputer anda yang selanjutanya adalah dengan menggunakan antivirus terbaik untuk memindai virus-virus yang ada di dalam komputer anda. Antivirus adalah hal yang wajib menjadi salah satu bagian dalam komputer anda agar komputer selalu terlindungi dari serangan virus yang juga akan memperlambat kinerja komputer anda.
  5. Kurangi font yang anda gunakan karena mempengaruhi dalam proses booting. Pakai font yang diperlukan saja. Jika anda tidak ingin font-font tersebut hilang, bisa saja anda menyimpannya di folder tertentu di dalam komputer anda jika suatu saat dibutuhkan jadi bisa dikembalikan lagi. Untuk menghapus font caranya adalah masuk ke control panel, pilih font dan buang font-font yang sudah tidak dibutuhkan lagi.
    Font Windows 7

Dengan begini anda sudah tahu hal-hal apa saja yang menjadi cara mempercepat kinerja komputer anda bukan? Silahkan di praktekkan untuk menjaga kinerja komputer anda agar tidak lemot lagi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.