Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Facebook

Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa saat ini sudah memiliki akun Facebook untuk terhubung dengan orang-orang di sekitarnya.

Kehadiran jejaring sosial ini tentu bertujuan untuk membuat kita dapat dengan mudah terhubung dengan teman-teman kita. Namun, belum lama ini sering terdengar banyak kasus yang ternyata bermula dari akun Facebook. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tips menggunakan Facebook agar Anda lebih nyaman dan aman menggunakan jejaring sosial ciptakan Mark Zuckenberg ini.

Lebih Membatasi Diri

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sangat Anda menggunakan akun Facebook. Pertama, jangan menuliskan profil lengkap Anda secara detail. Menuliskan profil memang diperlukan karena dengan cara ini pula Anda bisa bertemu dengan teman-teman dan kerabat Anda yang sudah lama tidak bertemu. Namun, Anda juga harus waspada karena banyak orang yang seringkali justru menyalahgunakan informasi ini. Sebaiknya, Anda tidak perlu memasukkan alamat lengkap di profil Facebook Anda karena bisa disalahgunakan oleh orang lain. Untuk membantu menemukan teman-teman lama, cukup masukkan informasi tempat Anda bersekolah dulu.

Selain itu, sebisa mungkin sebaiknya berteman dengan orang-orang yang kenal saja. Saat ini banyak orang yang sembarangan menerima permintaan pertemanan tetapi akhirnya justru berujung pada penipuan maupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Etika Menggunakan Facebook

Walaupun Facebook merupakan jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan sesuka hati, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan facebook. Salah satunya adalah menghindari update status yang tidak penting. Terlalu sering mengupdate status yang tidak penting akan membuat teman-teman Anda menjadi bosan melihat status Anda karena tidak bermutu.

Saat ini akun Facebook banyak digunakan sebagai toko online sehingga pemilik akun Facebook pun sering men-tag orang-orang yang tidak dikenal jika ia mengupload produk baru. Disadari atau tidak, ada beberapa orang yang kurang nyaman jika dirinya di tag secara sembarangan di Facebook. Untuk mendapatkan manfaat dari Facebook, Anda bisa bergabung dengan grup-grup diskusi sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari situs jejaring sosial ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*