Biasanya, jika kita membeli laptop di sebuah pameran dan kita meminta untuk menginstalkan kadang-kadang si penjual hanya membagi partisi hardisk kita hanya satu bagian saja. Misalnya saja hanya di beri partisi C untuk menympan data. Padahal dalam partisi C juga terdapat program-program kita yang sudah diisnstal dan juga terdapat instalan windows kita.

Cara Mudah Membagi Partisi Windows Menggunakan EaseUS Partition Manager

Apa jadinya jika windows kita instal ulang, pasti semua data kita akan hilang. Tak mau hal itu terjadi bukan? Nah dikesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada anda bagaimana sih cara membagi partisi hardisk windows kita?

Nah, berikut ini adalah step-step dan cara untuk membagi partisi pada hardisk di windows menggunakan EaseUS software:

1) Petama, download sebuah software untuk membantu kita membagi partisi hardsik kita.

Software itu bernama “Prtition Tool” yang bisa anda download dengan mudah di http://www.partition-tool.com. Berikut ini penampakannya:

EaseUS Partition Manager Software

Dengan software EASEUS Partition ini untuk dapat membagi partisi hardisk tanpa harus menginstall ulang System, kita dapat membagi partisi hardisk tanpa merusak system ataupun data. Selanjutnya, install softwarenya dan jalankan EASEUS Partition.

2) Misalnya disini kita akan membagi partisi kita yang berisi 500 GB.

Pilihlah menu Resize atau move pada partition-tool kemudian Geser partisi yang kosong seperti tanda atau isi jumlah partisi baru yang anda inginkan.

Setelah anda mengatur partisi yang anda inginkan kemudian klik OK. Akan ada hasil partisi yang “Unallocated” atau belum terpartisi. Pilih partisi yang Unallocated. Klik menu Create untuk membuat partisi kedua. Masukkan Label atau nama Partisi tersebut kemudian klik tombol OK.

Partisi Windows

Selanjutnya,  klik tombol Applu untuk membuat proses partisi selesai. denAPPLY untuk membuat permanen proses membagi hardisk di windows XP, Vista, Seven. Bila muncul pesan, klik tombol “Yes” maka komputer anda akan restart Sendiri.

3) Restart komputer untuk proses partisi hardisk.

Ketika komputer anda restart ulang, maka proses pembagian partisi akan di jalankan, tunggu sampai komputer tersebut restart kembali dan booting ulang sampai windows anda berjalan dengan normal.

Restart EaseUS Partition Software

Setelah semua proses selesai, coba sekarang lihat partisi yang baru saja anda buat. Alhasil hardisk anda akan terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan anda ketika melakukan partisi.

PENTING UNTUK DIINGAT!! Jika anda melakukan partisi hardisk, baik menggunakan aplikasi ini atau aplikasi yang lain, sangat penting untuk backup data anda terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko kehilangan data.

Nah, itulah tadi beberapa solusi bagi anda yang mungkin sedang bingung dengan partisi hardisk yang terlalu sedikit dan anda menginginkan untuk menambah partisi hardisk sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.