Redirect 301 Non WWW ke WWW atau WWW ke Non WWW Pada Nginx Web Server

Wordpress URL WWW ke non WWW

Setiap website biasanya memiliki satu prefered domain dari website tersebut. Apakah menggunakan WWW atau tanpa menggunakan WWW pada URLnya. Prefered ini akan selalu digunakan agar website lebih dikenali baik itu oleh mesin pencari atau pengunjung yang datang berkunjung ke website tersebut.

Preferred Domain dan Website

Beberapa contoh web besar menggunakan WWW seperti Google, Yahoo dan yang lain. Sedangkan web besar lain sepertik Twitter, TechCrunch tidak menggunakan WWW. Tetapi yang pasti, website-website tersebut akan konsisten apakah menggunakan WWW atau tanpa WWW.

Untuk menjaga konsitensi tersebut maka di sisi teknis dibutuhkan suatu script, alur web server atau apa saja yang bisa digunakan untuk konsistensi tersebut. Karena kebetulan di sini biasa dibahas adalah menggunakan WordPress dengan Web Server Nginx maka kita akan  yang akan kita bahas adalah bagaimana cara agar website yang kita kelola selalu menggunakan satu prefered domain.

Bingung kah dengan kalimat di atas? Jika iya, langsung saja kita ke praktek.

Anggap saja yang digunakan di sini adalah domain cintagadget.com dan kita akan menggunakan WWW pada domain tersebut. Agar semua request yang masuk ke cintagadget.com tanpa menggunakan WWW harus diredirect ke WWW, maka digunakan setting di dua tempat yaitu di WordPress sendiri dan di Nginx web server. Untuk settingan di WordPress, kita menggunakan seperti ini:

Redirect WordPress URL dari tanpa WWW ke WWW

Karena yang kita gunakan adalah server Nginx, maka kita tidak cukup hanya menambahkan file .htaccess di root folder dari domain, kita juga harus merubah settingan di web server Nginx dengan seperti ini:

server {
## Redirect non WWW to WWW
server_name cintagadget.com;
rewrite ^(.*) http://www.teknogadget.com$1 permanent;
}
server {
## Your website name goes here.
server_name www.cintagadget.com;
	##Setting lanjutan bisa dibaca di artikel sebelumnya
}

Untu screenshot bisa dilihat di bawah ini:

Redirect URL

Setelah setting selesai, jangan lupa restart web server Nginx anda.

Dengan seperti ini maka semua request yang masuk ke cintagadget.com tanpa WWW akan dialihan ke WWW dengan menggunakan WWW. Contoh kecil, jika kita mengakses http://cintagadget.com/redirect-301-non-www-ke-www-atau-www-ke-non-www-pada-nginx-web-server/ maka akan dialihkan ke http://www.teknogadget.com/redirect-301-non-www-ke-www-atau-www-ke-non-www-pada-nginx-web-server/ (Dengan menggunakan WWW pada bagian prefix).

Lalu, bagaimana jika preferred domain yang kita pakai adalah tanpa WWW saja? Untuk melakukannya, ikuti petunjuk berikut ini:

Di bagian wordpress admin, setting seperti gambar di bawah ini:

Wordpress URL WWW ke non WWW

Sedangkan untuk server Nginx, setting mengikuti gambar di bawah ini:

server {
## Redirect WWW to non WWW
server_name www.cintagadget.com;
rewrite ^(.*) http://cintagadget.com$1 permanent;
}
server {
## Your website name goes here.
server_name cintagadget.com;
	##Setting lanjutan bisa dibaca di artikel sebelumnya
}

Sederhana bukan? Dengan trik ini anda bisa menentukan apakah ingin menggunakan WWW atau tanpa WWW dari website yang anda kelola menggunakan Nginx web Server. Jika ada pertanyaan seputar redirect domain dari non WWW ke WWW dan/atau sebaliknya, jangan ragu untuk bertanya dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*