Tips Merawat dan Menggunakan Laptop Agar Lebih Awet dan Tidak Mudah Rusak

Laptop merupakan sebuah perangkat komputer yang menjadi pengganti dekstop. Laptop memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Setiap orang tentu ingin laptopnya memiliki usia pakai yang lama dan tidak cepat rusak. Oleh sebab itu, agar pemakaian laptop bisa lebih awet dan tidak mudah rusak, pengguna pun harus merawat laptop dengan baik. Berikut ini beberapa tips agar laptop Anda lebih awet dan tahan lama.

Hal-Hal yang Harus Dihindari

Laptop merupakan perangkat elektronik yang sensitif sehingga mudah rusak. Oleh sebab itu, hindari goyangan dan lebih berhati-hati saat membawanya. Walaupun sudah menggunakan tas laptop, laptop tetap bisa terguncang. Hal ini cukup beresiko pada layar dan harddisknya. Selain itu, jauhkan laptop dari benda-benda yang mengandung magnetik kuat karena benda-benda tersebut dapat merusak kinerja laptop.

Jika selama ini Anda sering meletakkan sesuatu di atas laptop, sebaiknya kebiasaan ini mulai dihilangkan. Benda-benda yang terlalu berat bisa saja merusak layar laptop dan menyebabkannya pecah.

Cara Menggunakan Laptop yang Benar

Cara Anda menggunakan laptop ternyata juga turut berpengaruh terhadap keawetan perangkat Anda. Saat menggunakan laptop, sebaiknya Anda jangan sembarangan menggunakan dan men-download software dari internet, terutama software gratisan karena software tersebut bisa saja mengandung virus berbahaya.

Saat menggunakan laptop, pilihlah tempat yang datar seperti meja atau lantai. Jangan menggunakannya di tempat yang empuk seperti sofa dan kasur. Hal ini dapat menyebabkan aliran udara di laptop menjadi tersumbat dan dapat merusak prosesor. Selain menggunakan diĀ  tempat yang tepat, jangan menggunakan laptop sambil di-charge. Kebiasaan seperti ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian baterai laptop. Menggunakan laptop sambil men-charge dapat membuat baterai laptop menjadi menjadi mudah drop dan tidak mempunyai ketahanan yang baik.

Selain itu, hindari menggunakan laptop dalam jangka waktu lama. Laptop yang digunakan terlalu lama bisa mengalami overheat. Hal ini bisa berdampak buruk pada layar laptop. Kerusakan layar LCD pada laptop ditandai dengan warna yang kurang tajam, tampilan bergetar, dan bergaris.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*