Install dan Konfigurasi VSFTPD Server di VPS CentOS

User no login to FTP

Secara default FTP adalah salah satu protokol yang digunakan untuk upload dan download file dari server ke komputer local. Karena fungsinya inilah maka sebagian besar orang, termasuk pengelola website menggunakan protokol FTP untuk keperluan upload kontent.

Install dan konfigurasi VSFTPD

Secara default FTP memang sudah terinstall di sistem operasi Linux (Termasuk di sini adalah VPS CentOS). Mengingat konfigurasi FTP yang rumit dan security dari FTP yang kurang baik, berkembanglah beberapa metode lain yang dikembangkan oleh pengembang software diseluruh dunia.

Salah satu yang terbaik yang bisa anda gunakan saat ini adalah SFTPD yang merupakan hasil dari pengembangan protokol FTP. Kelebihannya, VSFTPD lebih mudah dikonfigurasi dan mempunyai tingkay security yang lebih baik.

Kembali ke topik utama, berikut ini step by step install dan konfigurasi VSFTPD di CentOS Linux:

#yum clean all
#yum remove ftp
#yum install vsftpd
#nano /etc/vsftpd/vsftpd.conf
#service vsftpd restart
#chkconfig vsftpd on

File Konfigurasi /etc/vsftpd/vsftpd.conf

anonymous_enable=NO
local_enable=YES
write_enable=YES
local_umask=022
xferlog_enable=YES
connect_from_port_20=NO
ascii_upload_enable=YES
ascii_download_enable=YES
ftpd_banner=Ucapan Selamat Datang FTP
userlist_enable=NO

User no login to FTP

Selanjutnya restart dan pastikan VSFTPD aktif pada saat Linux dihidupkan dengan cara mengetikkan perintah chkconfig vsftpd on pada command line. Jika ingin melakukan test koneksi lewat FTP, coba gunakan aplikasi semacam FileZilla sebagai client. Dan juga, pastika user yang anda gunakan untuk login tidak termasuk dalam file /etc/vsftpd/ftpusers karena di dalam file tersebut adalah user yang memang khusus tidak diperbolehkan untuk bisa login lewat protokol FTP.

Contoh Penggunaan VSFTPD Client melalui FileZilla

Semoga artikel Install dan konfigurasi VSFTPD ini bermanfaat untuk anda dalam mengelola file di server yang digunakan sebagai media pengembangan website.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*