Secara resmi pada 26 Oktober lalu, Windows 8 dirilis dengan tiga versi yakni Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows RT. Dan tetunya Windows 8 memiliki kekurangan dan kelebihannya, seperti mampu mendukung sistem layar sentuh pada Laptop, Tablet, mupum Smartphone.

Kelebihan Windows 8

OS terbaru Microsoft ini mengusung user interface baru, yang diberi nama Metro Style, kemudian naman UI ini diubah menjadi Windows 8-style UI. Meski memiliki tampilan yang berbeda dengan Windows 7, tetap saja Windows 8 memiliki kekurangan. Untuk kelebihannya berikut ini adalah windows 8 dan kelebihannya:

Kelebihan Windows 8

1. Tampilan Lebih Dinamis
Windows 8 sendiri juga memiliki fitur notifikasi dan pemberitahuan informasi terbaru mengenai akun di dunia maya, seperti kotak masuk pada e-mail. Dan juga OS ini memiliki fitur yang langsung terhubung dengan penyimpanan data miliki Windows, Skydrive.

2. Sistem Pencarian Data Lebih Universal
OS ini juga memiliki fitur pencarian data yang lebih mudah dari versi Windows sebelumnya.

3. Waktu Booting Lebih Cepat
Dan juga Windows 8 mampu melakukan booting lebih cepat dari Windows versi sebelumnya yakni hanya memerlukan waktu 8 detik saja.

4. Mendukung Chip ARM
Dengan menggunakan cjip ARM, Windows 8 saat ini mampu memperluas jangkuannya terhadap arena tablet.

Chip ARM pada Windows 8

5. Toko Windows Store
Sama seperti Android, Windows 8 juga akan memiliki toko aplikasi sendiri yang diberi nama Windows Store.

Kekurangan/Kelemahan Windows 8

1. Tak ada Tombol Start dan Close X
Pada OS Windows 8 sendiri tidak memiliki tombol start dan Close X, namun untuk menutup program perlu mengarahkan mouse ke atas aplikasi, kemudian setelah muncul tombol tangan baru di-drag, dan akhirnya program tersebut baru tertutup.

2. Banyak File Atau Aplikasi Tersembunyi
Dalam Windows 8 hanya mampu membuka dua data atau aplikasi yang bisa dibuka secara bersamaan, sedangkan untuk data yang lainnya banyak yang tersembunyi. Alhasil para pengguna diharuskan menggunakan fitur pencarian universal.

Aplikasi yang ada di Windows 8

3. Sulit Berpindah Antar Aplikasi yang Sedang Aktif
Fitur alt + tab untuk berpindah aplikasi telah dihapus di Windows 8. Alhasil untuk berpindah aplikasi perlu menggerakan mouse ke arah kiri dan kemudian akan muncul pop up yang terdapat aplikasi yang sedang aktif. Namun hal ini akan membuat para pengguna kesulitan.

4. Tidak bisanya merubah tiles menjadi icon
Opsi mengubah tiles menjadi icon tidak bisa digunakan di Windows 8, sehingga membuat kacau jika banyak aplikasi, dikarenakan ukurannya terlalu besar.

5. Interface Metro yang kurang nyaman untuk desktop
Windows 8 memang sengat mudah dan nyaman jika menggunakan layar sentuh, namun jika menggunakan desktop akan sangat tidak nyaman dan kompatibel. Seharusnya Windows 8 perlu menambah fitur seperti kill-switch yakni berguna untuk mematikan Metro UI.