Virus yang menyerang komputer tentu sedikit banyak akan menganggu. Virus dapat menyerang komputer secara langsung maupun tak langsung.

Jenis virus yang paling berbahaya di dunia komputerBeberapa jenis virus komputer tidak terlalu berbahaya. Namun ada juga yang sangat berbahaya hingga dapat menghilangkan data-data penting milik kita. Bahkan ada yang bisa merusak hardware.

Berikut ini adalah jenis-jenis virus komputer paling berbahaya yang banyak beredar:

1. Virus Compiler.
Ini adalah jenis virus yang bisa dieksekusi secara langsung karena virus ini telah di compile. Jenis virus ini merupakan yang pertama kali muncul dan menyerang komputer. Hingga saat ini, virus compiler telah berkembang dengan pesat dan cukup susah dibasmi.

2. Virus File.
Jenis virus ini menyerang melalui file yang bisa dieksekusi secara langsung. Misalnya file dengan ekstensi .exe, dll. Penyebaran virus ini melalui media penyimpanan dan jaringan.

3. Virus Sistem.
Istilah lain dari virus ini adalah virus Boot. Virus ini menginfeksi file yang biasa digunakan untuk sistem komputer. Salah satunya adalah menginfeksi System Boot Sector pada media penyimpanan.

4. Virus Macro.
Jenis virus Macro biasanya menginfeksi program aplikasi seperti MS Office, Corel, dsb. Namun, jenis virus ini masih relatif lebih aman daripada virus-virus lain.

5. Worm
Worm adalah salah satu jenis virus yang menyerang dengan cara memperbanyak diri. Worm akan menduplikasi dirinya dengan cara menempel pada file lain. Istilah lain dari Worm adalah virus Hybrid.

Semoga dengan pengetahuan yang anda miliki mengenai virus, anda akan bisa lebih cepat dan tepat untuk mencari solusi guna menghapus dan menghilangkan semua virus yang ada pada komputer, laptop atau notebook yang anda miliki.