3 Cara Mengetahui iPhone Locked atau Unlocked

Terdapat dua jenis iPhone yang biasa dipasarkan di seluruh dunia terlepas dari tipe yakni iPhone locked dan unlocked. iPhone yang locked hanya dapat digunakan dengan kartu SIM dan negara tertentu sehingga aksesnya lebih terbatas dan biasanya dengan durasi kontrak yang sudah disepakati. Kemudian iPhone unclocked berarti dapat digunakan dengan memasang kartu SIM sembarangan secara bebas sampai Anda memutuskan untuk mengganti kartu yang baru.

iphone-unlocked

Secara umum ada 3 metode untuk mengetahui apakah sebuah iPhone bertipe locked atau unlocked, Kugadget akan coba bongkar ketiga cara tersebut ke pembaca setia.

Cek Via kartu SIM

Cara yang paling mudah dan bisa dikatakan paling lugu adalah dengan mencopot kartu SIM yang saat ini digunakan dan menggantinya dengan sembaran kartu SIM. Apabila iPhone bisa berjalan berarti iPhone tersebut versi unlocked ditandai dengan perangkat bisa berjalan dengan sembarang SIM.

Via iTunes Restore

Cara kedua untuk dapat mengetahui versi iPhone locked dapat dengan menggunakan fitur iTunes Restore, reset ke pengaturan pabrik kemudian aktifkan iTunes Restore via USB komputer dan temukan pesan berbunyi Congratulations, your iPhone is unlocked’. Artinya apa? Yap, benar! berarti iPhone tersebut versi unlocked dan bisa dipasangi kartu SIM sembarang.

Via Layanan Online

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa nomor IMEI via online, caranya tekan *#06# untuk memperoleh deretan nomor IME. Selanutnya buka situs iPhone IMEI checker dan masukkan nomor IMEI yang barusan Anda dapatkan. Submit dan tunggu hingga situs selesai memproses permintaan Anda. Setelah selesai situs akan memberikan sederetan informasi termasuk keterangan apakah iPhone Anda versi locked atau versi unlocked.

Nah, sekarang Anda tidak perlu repot lagi untuk memeriksa apakah iPhone Anda versi locked atau unlocked, sangat mudah dan pastinya selalu beli perangkat dari distributor asli agar Anda terhindar dari produk black market yang justru beresiko di kemudian hari. Sampai ketemu di tips-tips lain, tetap kunjungi Kugadget.com dan tinggalkan komentar lewat kolom di bawah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*