Trik Mempercepat Koneksi Internet Dengan Mematikan Qos Packet Scheduler di Windows 7

Kembali lagi dengan trik untuk mempercepat koneksi internet. Kali ini dengan mencoba menjelaskan ke sisi teknis bagaimana cara mempercepat koneksi internet dengan mematikan file QoS Packet Scheduler pada Windows 7.

Cara meningkatkan kecepatan koneksi internet

Bagi yang belum tahu QoS, QoS sendiri adalah kependekan dari Quality of Services yang mengatur dan memfilter packet jaringan yang masuk. Dengan QoS ini, windows akan menganalisa aliran data yang masuk melalui jaringan dan mengetahui proses kecepatan data. Data ini nantinya akan dimasukkan ke system dan digunakan sebagai acuan untuk efisiensi kinerja komputer secara keseluruhan.

Efek samping dari proses tersebut, QoS akan sedikit memakan koneksi internet anda sehingga koneksi internet anda jadi lebih lambat karena bandwidth akan digunakan oleh QoS. Terlebih lagi jika anda menggunakan koneksi internet yang lambat, maka koneksi internet anda akan semakin lambat.

Jika ingin akses internet anda lebih cepat, anda bisa mematikan fungsi QoS Packet Scheduler dengan cara:

  • Buka Start menu dan ketikkan “gpedit.msc” (Tanpa tanda petik) pada kolom Search. Lanjutkan dengan memilih gpedit.
    gpedit.msc
  • Selanjutnya, pilih Computer Configuration dan lanjutkan dengan memilih Administrative Template.
    Administrative Template
  • Lihat pada kolom bagian kanan dan klik dua kali icon dengan judul QoS Packet Scheduler.
  • Selanjutnya, pilih Limit Reservable Bandwidth dan klik dua kali.
    Limit Reservable bandwidth QoS Packet Scheduler
  • Langkah terakhir,  pilih Enable dan pada opsi Bandwidth Limit rubah angkanya menjadi 0 (Nol). Jangan lupa untuk merestart komputer Windows 7 anda.
    Limit Nol Pada Reservable bandwidth

Dengan trik ini, meskipun hasilnya tidak signifikan, koneksi internet anda akan lebih cepat dari sebelumnya karena satu proses yang memakan bandwidth tidak aktif lagi.

Jika ingin lebih memperdalam ilmu bagaimana cara memperoleh akses internet lebih cepat dengan cara legal, kunjungi artikel lain yang berjudul bagaimana cara mempercepat koneksi internet di halaman lain dari blog ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

18 Comments on Trik Mempercepat Koneksi Internet Dengan Mematikan Qos Packet Scheduler di Windows 7

  1. Ini lebih efektiv kalau mendownload saja. Tapi kalau browser biasa2 aja,

    kelemahan..
    Kalau lagi download, browsingnya LALOAD

    ada baiknya jgn di set “0”
    min=10
    browsing msh jalan..

  2. TQ gan tipsnya…. tp lagi pake saran aiq dibikin jadi 10%

    soalnya sering browse sambil download…. malah kadang streaming xP~

  3. mas klo dirumah gw kan pasang wifi nih ceritanya,kebetulan rumah gw t4 kost…kalo gw bikin trik ini,apakah anak” yg pake wifi masih bisa buka internet?
    thanx 4 reply…

    • @gilang: Kalau buat main game sebaiknya pakai koneksi kabel, jangan mobile GSM/CDMA. Sebagus-bagusnya koneksi GSM/CDMA latency-nya masih jauh lebih cepat koneksi kabel karena untuk game tidah hanya butuh koneksi cepat pada saat download, tetapi juga butuh cepat pada latency-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*