Pernah baca buku “Google Books”? Jika belum pernah, ketika anda mencari literatur ilmu pengetahuan, referensi atau bacaan lainnya, anda bisa mengunjungi Google Books yang beralamat http://books.google.com. Di sana banyak buku yang bisa dipilih sebagai referensi anda sehari-hari.

Cara mudah download buku di Google Books

Sayangnya, untuk membaca bukuĀ  tersebut anda harus selalu terkoneksi dengan internet karena Google Books memang tersedia khusus untuk online. Tetapi tunggu dulu, dengan trik tertentu anda bisa download buku dari Google dengan mengandalkan software Internet Download Manager atau yang lebih dikenal dengan nama IDM.

Berikut ini tutorial mudah bagaimana cara download Google Books menggunakan IDM:

  • Download add-on Firefox yang bernama GreaseMonkey yang bisa anda dapatkan di sini https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/greasemonkey/ (Syarat utama untuk menggunakan add-on ini adalah web browser anda harus Firefox).
  • Download dan install Grease Monkey di Firefox anda dan lanjutkan dengan merestart Mozilla Firefox.
  • Setelah restart, kunjungi link berikut ini http://userscripts.org/scripts/show/37933 dan lanjutkan dengan klik install di pojok kanan atas.
    Grease Monkey
  • Selanjutnya, konfirmasi kalau anda akan install script tersebut.
  • Nah cobal lihat sekarang, setiap kita masuk ke Google books akan langsung ada link downloadnya, betul kan? Tunggu sebentar, untuk download lebih lanjut masih ada beberapa langkah yang harus anda lakukan.
    Download Google Books
  • Coba atau pilih buku mana yang mau di download. Setelah klik download di halaman webnya, nanti akan muncul Get Download Link, klik itu dan nantinya link itu akan merubah halaman-halaman di google book jadi format PNG. Waktunya agak lama tergantung dengan banyaknya halaman dari buku itu sendiri.
  • Jika proses generate sudah selesai, arahkan mouse ke daftar buku yang sudah di download tadi yang ada di bagian kiri. Selanjutnya klik link Download All Links With IDM.
    Google Books IDM Downloads
  • Lanjutkan dengan memberi tanda pada PNG dan lanjutkand dengan proses download.

Cukup mudah bukan? Dengan trik sederhana ini anda tidak perlu lagi harus terkoneksi internet untuk membuka Google Books, jika hanya ingin membuka dan membaca buku dan sudah pernah didownload sebelumnya.

Selamat mencoba dan ikuti terus perkembangan teknologi terkini dengan berkunjung ke Tekno Gadget.