Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Anda baru saja membeli sebuah netbook, laptop atau notebook baru? Pastilah anda sedang sayang-sayangnya dengan laptop dan notebook baru anda. Semog hal tersebut terus berkelanjutan dan tak hanya sekejap saja anda menyayangi barang-barang elektronik anda, terutama laptop atau notebook anda.

Merawat Notebook Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Merawat laptop ataupun notebook tidaklah sesulit merawat seorang bayi. Jika anda telaten dan teliti dalam merawatnya, pastilah barang-barang elektronik anda seperti laptop dan notebook akan tahan lama dan tidak mudah rusak secara tiba-tiba yang berakibat pada terganggunya aktivitas yang sedang anda lakukan di depan laptop ataupun notebook. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips kepada anda tentang bagaimana cara merawat notebook dan laptop anda secara baik dan benar, sehingga bisa meminimalisir terjadinya gangguan teknis sewaktu anda menggunakan laptop atau notebook anda.

Berikut ini tips cara merawat laptop dengan benar:

  1. Jangan memasukkan laptop yang habis digunakan langsung ke dalam tas laptop. Hal ini dikarenakan, laptop yang telah digunakan biasanya masih menyimpan panas berlebih. Saat langsung dimasukkan tas, panas ini tertahan cukup lama dan tidak akan mudah berkurang. Akibatnya akan berpengaruh kepada komponen elektronik seperti hardisk, RAM, motherboard yang ada di dalam laptop.
  2. Jangan mencharge laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charge dari stop kontak listrik jika baterai laptop telah full dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi.
  3. Jangan menggunakan laptop di dekat makanan maupun minuman karena dikhawatirkan makanan atau minuman kita tumpah dan mengenai laptop kita.
    Cara Merawat Laptop
  4. Jangan menyentuh layar LCD dengan benda-benda keras seperti ballpoint. Hal ini sering terjadi saat kita secara tidak sengaja menunjukkan sesuatu yang ada di layar LCD saat belajar maupun presentasi.
  5. Matikanlah webcam jika anda tidak menggunakannya.
  6. Jangan meninggalkan laptop Anda di tempat umum, seperti meja kuliah maupun di restoran hanya karena cuci tangan kecuali anda yakin laptop dalam keadaan aman karena kejahatan terjadi saat ada kesempatan.
  7. Jangan memasukkan laptop berjejal-jejal dengan benda lain dalam tas, misalnya buku, pakaian dan benda-benda lainnya.
  8. Jangan menaruh laptop di lantai, waspadalah saat ada orang lewat laptop bisa terinjak, terutama jika berdekatan dengan anak kecil yang suka bermain-main.
semoga beberapa tips diatas bisa mebantu anda dalam merawat laptop dan notebook anda agar selalu awet dan tahan lama untuk bisa anda gunakan berpuluh-puluh tahun lamanya.
About Nusantara 34 Articles
Nusantara adalah salah satu penulis yang cinta sekali dengan Negara Indonesia, karena itu di setiap member online dia memilih menggunakan username nusantara demi kecintaannya terhadap negeri ini. Selain itu dia bercita-cita ingin memajukan Bangsa Indonesia menjadi negara yang disegani di seluruh dunia!

5 Comments on Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

  1. untuk yang nomer 2 saya kurang setuju..
    tidak perlu cabut mencabut charger klo pas lagi ada stop kontak..
    sekarang jaman modern..
    tidak perlu cabut baterai saat main melalui listrik bisa menimbulkan rusak…

    batterai di dalam laptop bisa membantu jika ada mati lampu atau arus pendek…

    saya punya contoh dan no HOAX komputer teman saya uda 10 tahunan bermerk acer lupa nomer serinya… setiap main tidak pernah lepas baterai laptop pun masih awet bisa di pergunakan.. cuman ya sudah ketinggalan jaman buat ngegame loadingnya sangat lama… tetapi tetap enak karena memakai prosesor AMD

    • @komener: Terima kasih banyak sudah berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lainnya di sini. Kalau ada kesempaan, jangan lupa berkunjung ke sini lagi ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*