Contoh Setting Avira Anti Virus

Kalau pada artikel sebelumnya yang dibahas adalah anti virus terbaik 2013, untuk kali ini penulis mencoba membahas contoh setting dari Avira Free. Sebenarnya setting-an default saja sudah mencukupi, tetapi jika anda ingin lebih berekspolrasi dengan Avira, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan perubahan dari opsi default yang ada.

Contoh setting penggunaan Avira

Karena Avira sudah memakai antar muka grafis, maka untuk artikel ini akan lebih banyak gambar daripada teks. Berikut ini contoh setting dari Free Anti Virus Avira:

  • Jika belum memiliki Anti Virus Avira, segera download dan install di komputer Windows anda. Link download bisa anda buka di sini http://www.avira.com/en/downloads.
  • Buka anti virus Avira pada komputer/laptop anda. Pastikan antivirus anda sudah terupdate dengan baik. Jika belum update, anda bisa update secara langsung menggunakan koneksi internet yang anda gunakan dengan menekan tombol update pada menu Avira.
  • Contoh setting dari System Scanner bisa anda lihat di bawah ini (Untuk memperbesar gambar, klik pada gambar tersebut).
    System Scanner
  • Jika latop anda tergolong lambat (Biasanya kasus pada netbook), anda bisa memilih untuk Low detection level pada bagian Ahead Scan sehingga penggunaan resource dari netbook tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, netbook akan tetap bekerja normal meskipun Anti Virus tetap melakukan proteksi.
    Low Detection Level
  • Contoh setting dari Realtime Protection bisa anda lihat di bawah ini (Untuk memperbesar gambar, klik pada gambar tersebut).
    Realtime Protection
  • Untuk system update anda bisa menggunakan contoh di bawah ini. Jika koneksi internet anda lambat, anda bisa memilih opsi tidak mengaktfikan Repeat jobs if time has expired karena hal tersebut akan membuat internet nda semakin lambat yang tentunya akan menghambat pekerjaan anda sehari-hari. Koneksi internet yang lambat juga bisa menyebabkan anti virus ini berhenti di tengah proses update (Untuk memperbesar gambar, klik pada gambar tersebut).
    System Update
  • Di bawah ini adalah contoh penggunaan Security pada Avira. Jika anda memiliki program untuk membokir lamat website tertentu, atau sering mengedit file hosts pada Windows, pastikan anda tidak memilih opsi Protect Windows Hosts File for Changes. Untuk default, biarkan seperti gambar di bawah ini (Untuk memperbesar gambar, klik pada gambar tersebut).
    Security Avira
  • Jika anda tidak suka dengan notifikasi dan alert yang menggangu di sebelah pojok kanan bawah, anda bisa menonaktifkan semua notifikasi (Untuk memperbesar gambar, klik pada gambar tersebut).
    Alert

Untuk yang lain biarkan default saja karena setting default sudah mumpuni untuk memproteksi virus.

Jika anda punya pengalaman seputar penggunakan dan setting Anti Virus (Meskipun itu bukan Avira), jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lain di sini dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*