Kinerja komputer Anda mengalami penurunan atau menjadi lambat? Masalah yang sangat menggangu Anda pastinya. Terkadang ketika komputer kita menjadi lambat, sering kali kita malas untuk memperbaikinya. Bukan tanpa alasan, malasnya untuk memperbaiki komputer ini disebabkan karena lambatnya kinerja komputer Anda. Nah, pada artikel yang saya tulis kali ini, saya akan memberikan sebuah tips mengenai cara mempercepat komputer Anda dengan sangat mudah dan sederhana. Penasaran? Langsung saja kita simak ulasan artikel berikut ini.

Kinerja Komputer yang Lambat

Pertama saya akan menjelaskan beberapa penyebab komputer menjadi lambat. Pada penyebab kinerja komputer menjadi lambat ini sering kali kita menjumpai berbagai macam penyebab yang umum kita dengarkan seperti halnya instalasi software yang berlebihan pada komputer, komputer yang terlalu banyak menggunakan resource pada sistemnya, dan juga virus yang telah menyerang sistem pada komputer Anda.

Software yang berlebihan merupakan penyebab yang umum kita jumpai, akan tetapi terkadang Anda terlalu meremehkan hal ini. Pemakaian software yang berlebihan akan menghambat proses kinerja komputer Anda, pemakaian yang berlebihan ini disebabkan karena sofware yang terinstal pada komputer Anda juga memerlukan waktu untuk memproses setiap komponen komponennya. Pemakaian resource yang berlebihan juga sangat memperngaruhi kinerja komputer Anda, karena resource merupakan komponen komponen yang akan digunakan pada saat eksekusi proses pada komputer Anda.

Semakin banyak resource yang Anda gunakan akan semakin lamban kinerja eksekusi proses komputer Anda. Dan penyebab yang terakhir adalah virus yang telah memasuki sistem pada komputer Anda. Berhati hatilah dengan pemakaian internet dan juga Flash Disk yang akan Anda pergunakan pada komputer Anda, karena jika sampai komputer Anda terkena virus sistem pada komputer Anda akan dirusak olehnya.

Berdasarkan dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah jelas mengenai penyebab dari lambannya komputer? Nah, berikut ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mempercepat komputer Anda.

Tips atau Cara Mempercepat Komputer:

  • Matikan Widget yang ada pada dekstop Anda.
    Memang untuk mempercantik tampilan dekstop komputer Anda widget seperti jam, frame foto, curency, dan sebagainya adalah salah satu solusi yang tepat, akan tetapi taukah Anda bahwa widget ini akan membuat kinerja komputer Anda semakin lamban. Hal ini dikarenakan RAM yang semakin terforsir untuk widget ini.
    Widget Gadget Windows 7
  • Matikan program yang tidak begitu penting dengan mempercepat startup.
    Langkah ini sangat mudah untuk Anda lakukan dan juga sangat efektif. Berikut ini langkah langkahnya masuk pada program “RUN” >> Ketik MSCONFIG >> Pilih opsi “STARTUP” >> Kosongkan program program yang sekiranya tidak penting >> Restart Komputer Anda.
    Matikan Startup Windows 7
  • Lakukanlah defragment untuk komputer Anda secara berkelanjutan.
    Point ini berfungsi untuk menata ulang file file Anda yang tercecer pada partisi Anda. Caranya sangat mudah Klik Start >> Program >> Accesories >> System Tools >> Disk Defragment >> Kemudian jalankan.
    Disk Defragment pada Windows
  • Gunakan Tools atau Software seperti Tune Up Utilities, CCleaner, dan sebagainya.
    Tools semacam ini dapat membantu untuk merapkan setiap komponen dalam komputer Anda.
    CCleaner untuk mempercepat komputer dan pembacaab files
  • Sesuaikan spesifikasi komputer Anda untuk Software yang akan Anda instal.
    M
    emiliki komputer dengan spesifikasi yang tinggi sangatlah menyenangkan untuk mencoba berbagai macam software atau game, akan tetapi bagaimana jadinya jika komputer Anda menjadi semakin lambat ketika Anda menginstal berbagai macam software atau game tersebut? Terkadang masalah seperti ini disebabkan karena software atau game yang Anda instal biasanya membutuhkan spesifikasi tertentu untuk menjalankannya. Sehingga kinerja komputer Anda akan terganggu dan menjadi lamban.

Berbagai macam cara mempercepat kinerja komputer diatas merupakan langkah yang sangat mudah untuk Anda lakukan. Sehingga langkah sederhana yang saya berikan di atas dapat Anda lakukan secara berkala untuk Komputer Anda.