Cara Mudah Mengatasi Program Windows yang Not Responding

Sering sekali saya menjumpai jika saya sedang membuka beberapa dokemen, aplikasi yang banyak secara bersamaan pastilah ada tulisan “Not responding” tiba keluar dari layar monitor kita. pastilah kita merasa sangat sebal dan kesal jika sedang sibuk melakukan tugas-tugas yang menumpuk namun windows kita malah mengeluarkan kata-kata “not responding” yang berarti bahwa windows kita tidak membaca apapun perintah yang sedang kita perintahkan padanya.

Cara Mudah Mengatasi Program Windows yang Not Responding

Dalam kondisi seperti ini, pastilah kita dibuat kesal olehnya, sedang numpuk kerjaannya, eh malah not responding. Sebenarny hal tersebut wajar terjadi, karen kapasitas memori dari hardisk dan windows yang bertubrukan yang mengakibatkan dia tidak membaca perintah apapun yang kita inputkan padanya. Nah, anda tak perlu lagi khawatir dan bingung jikalau hal tersebut terjadi pada anda.

Dikesempatan kali ini saya ingin berbagi tips kepada anda tentang bagaimana cara menangani program windows yang not responding.

Berikut ini adalah cara mengatasi program yang not responding pada windows kita:

  1. Tekan tombol crtl+alt+del secara bersamaan. Selanjutnya program akan membuka jendela task manager. Anda bisa membukanya juga dengan menggunakan cara klik kanan pada menu desktop paling bawah (sidebar menu) lalu klik task manager.
  2. Klik tab aplications.
  3. Klik kanan nama program yagn tidak merespon perintah Anda tersebut yang dalam status not responding.
  4. Pada bagian bawah klik saja End Task.
  5. Jika program tidak dapat ditutup dengan mudah, akan muncul pesan yang mengatakan program tidak merespon. klik saja End Now.
  6. Bila cara ini tidak dapat menyelesaikan masalah program not responding, sebaiknya restart komputer atau laptop Anda.

Itulah tadi bebrapa tips dan trik cara mudah mengatasi program dari windows anda yang not responding. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

About Nusantara 34 Articles
Nusantara adalah salah satu penulis yang cinta sekali dengan Negara Indonesia, karena itu di setiap member online dia memilih menggunakan username nusantara demi kecintaannya terhadap negeri ini. Selain itu dia bercita-cita ingin memajukan Bangsa Indonesia menjadi negara yang disegani di seluruh dunia!

17 Comments on Cara Mudah Mengatasi Program Windows yang Not Responding

  1. kalo aku mendingan pake antivirus smadav caranya buka antivirus smadav klik tab tool setelah itu klik tab process manager ,setelah itu cari deh program yg not responding lalu klik kanan ,action, kill

    • @Jeremy: Wow, ternyata SMADAV bisa dipakai untuk keperluan seperti itu ya, saya baru tahu.

      Terima kasih banyak atas informasinya, jangan lupa baca artikel menarik lain di sini ya.

  2. Itu hanya untuk mengakhiri/menutup program yang “not responding”, bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut agar tak terjadi lagi lain waktu?

    • @Budi: Ya dicari penyebabnya, apakah karena softwarenya atau karena Windowsnya. Kalau seperti ini biasanya saya mencari perbandingan dengan install software yang sama di tempat lain. Jad dari situ diketahui mana yang salah.

      Setelah ketemu yang salah baru dicari solusi (biasanya install ulang windows, install ulang software atau install dengan versi berbeda).

  3. mohon bantuannya gan, karna ane bingung laptop sering kyk gtu. baru beli, kok ada aja masalah. bnyk tugas yg belum dikerjakan lgie…

  4. saya juga mengalami hal yang sama. baru beli laptop, sudah terinstal windows 8 64 bit. pas install office 2007 atau 2010, sering not responding. apa pengaruh software officenya yang 32 bit gitu ya ?

    mohon bantuannya boss. tk

    • @alif: Mohon maaf, kalau untuk Windows 8 saya kurang begitu faham, jadi belum tahu solusi terbaik untuk masalah anda.

      Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya.

  5. tetep gak bisa… aku udah lakuin yang di atas tapi tetep gak bisa, selalu muncul terus “Windows Shell Common Dll” gimana dong??

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*