Tips Merawat Optical Drive pada Laptop, Notebook dan Netbook Anda

Merawat optical drive tidak begitu sulit. Jika anda memiliki laptop sebaiknya anda juga harus mengetahui tips menjaga lensa optik pada laptop agar tidak cepat rusak. Optik adalah komponen yang paling penting pada laptop. Optik tugasnya untuk membaca DVD atau CD. Selain itu juga dapat digunakan untuk membakar DVD atau CD. Jika Optik dalam keadaan tidak baik (melemah), maka dalam proses membaca DVD atau CD juga tidak akan cepat. Berikut ini beberapa jenis optik dan cara merawat optik dengan benar untuk menghindari kerusakan pada optiknya.

Cara merawat CD, DVD, Rom, RW dan Optical Disk pada Laptop, Notebook, Netbook

Jenisnya ada 5 dan semuanya sesuai dengan kemampuan masing-masing :

  • CD-Rom : hanya dapat untuk membaca CD.
  • CD-RW : dapat untuk membakar/burning dan membaca CD.
  • DVD-Rom : dapat untuk membaca DVD dan CD.
  • DVD-Combo : dapat membaca DVD dan CD, selain itu juga dapat membakar CD.
  • DVD-RW, dapat untuk membakar/burning dan membaca DVD dan CD.

Dibawah ini adalah Tips merawat optical drive sebagai berikut :

  1. Proses menarik DVD/CD setelah anda selesai gunakan haruslah dengan cara yang tepat, jika tidak biasanya pada optik akan terjadi gesekan, bila hal ini terus terjadi dapat merusak optik. Lebih baik anda menarik CD keatas jangan kesamping.
  2. Jika anda mau mengeluarkan DVD/CD posisinya juga harus diperhatikan. Bila anda tidak memperhatikanya optik jadi tidak awet atau cepat rusak. Cara mengeluarkan DVD/CD ialah saat anda mau menarik DVD/CD, satu jari anda menekan pada bagian tengah, kemudian jari-jari lainnya menarik CD tersebut keatas.
  3. Jika sering digunakan maka DVD/CD juga akan cepat lecet. Keadaan DVD/CD seperti itu membuat kinerja optik menjadi ekstra keras saat membaca DVD/CD, apalagi CD anda tidak asli anda bajakan kerja optik dipastkan sangat keras. Anda dapat mengatasi hal tersebut yaitu anda pastikan CD Anda mempunyai kondisi yang normal saat anda mau memasukkan pada optical drive. Selain itu anda juga dapat lakukan perawatan pada CD anda, kemudian jangan sampa anda letakkan CD di sembarang tempat untuk menghindari goresan dari benda lain. Sebaiknya anda menyimpannya ditempat bersih dan aman. agar CD anda tidak lecet.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk anda sehingga kondisi CD/DVD anda bisa lebih baik dan tentunya lebih awet dan tahan lama. Jika anda mempunyai pengalaman lain seputar tips merawat CD dan DVD, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan kami dan pembaca lain di sini dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*