Flashdisk merupakan media penyimpan data yang saat ini sudah tidak asing lagi. Kapasitas benda kecil ini mampu menyimpan data hingga beberapa Gigabyte. Dengan bentuknya yang beraneka ragam dan unik membuatnya semakin diminati masyarakat karena tergolong simple untuk dibawa kemana saja dengan mudah.

Manfaat Flash Disk yang Baik

Di era yang semakin canggih ini, flashdisk tidak hanya digunakan sebagai media penyimpan data dan transfer file. Akan tetapi, flashdisk mempunyai banyak fungsi lain yang dapat Anda maksimalkan. Oleh karena itu, untuk lebih memahami fungsi flashdisk maka pada artikel ini akan sedikit kami ulas tentang cara memaksimalkan fungsi flashdisk sehingga akan berfungsi dengan lebih maksimal.

Berikut dibawah ini beberapa tips memaksimalkan fungsi flashdisk bila digunakan sebagai:

  1. Scanning Virus
    Pertama, Install Antivirus AVG rescue dan simpan di flashdisk Anda. Kemudian colokkan flashdisk tersebut pada komputer Anda sehingga bisa scanning virus. Jika proses scanning ini berjalan lancar, maka komputer Anda aman untuk digunakan.
    Virus Flash Disk
  2. Mengunci Komputer
    Anda dapat menggunakan software Predator untuk merubah USB menjadi sebuah Kunci. Dengan menggunakan flashdisk maka komputer Anda akan terkunci jika flashdisk dicabut dan komputer Anda dapat menyala kembali jika flashdisk terpasang.
  3. Menjalankan Aplikasi (Running Aplikasi)
    Flashdisk juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi, seperti Firefox, chrome, Open Office dll. Selain itu, dengan flashdisk memungkinkan Anda untuk menjalankan game-game yang ringan. Untuk aplikasi, biasanya yang bisa digunakan dan di install pada flash disk adalah aplikasi portable.
  4. Install dan Tes Windows 8 atau Linux
    Dengan flashdisk Anda dapat menginstall windows 8 dan linux melalui consumer preview. Dengan begitu, anda tidak perlu repot-repot burning ke CD hanya untuk mencoba menginstall Windows 8, Windows 7 atau OS lain seperti Linux.
    Install Linux dan Windows dari Flash Disk
  5. Mengatur dan Mengelola Komputer
    Untuk menjalankan fungsi ini, maka langkah awal adalah menginstall Parted Magic, yaitu suatu software yang berfungsi untuk mereset password di Windows, clone sytem dan juga partisi hardisk. Selain itu flash disk juga bisa dibuat untuk bootable disk

Selain fungsi yang maksimal diatas, masih banyak sekali fungsi flasdisk untuk kebutuhan kita sehari-hari. Berawal dari sebuah disket berkembang menjadi CD dan saat ini sudah bisa dikemas berupa benda kecil yaitu flashdisk dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Perkembangan kecanggihan teknologi memang menunjukkan sebuah hasil yang dapat lebih mempermudah aktivitas manusia.

Flashdisk akan lebih maksimal lagi bila anda mampu memanfaatkannya dengan baik, serta tak lupa merawatnya baik dari sisi fisik maupun file yang ada didalam flashdisk. Selalu lakukan scaning secara rutin saat flashdisc digunakan agar terhindar dari virus.