Cara Memilih dan Membeli RAM Untuk Komputer atau Laptop

Setelah di beberapa kesempatan yang lalu kita bericara tentang masalah cara merawat RAM pada CPU Komputer, nah dikesempatan kali ini, saya ingin memberikan sebuah studi kasus tentang cara membeli RAM dan cara memilih RAM. Biasanya banyak orang-orang di sekitar kita yang tidak terlalu paham dengan dunia komputer pastilah menganggap bahwa RAM mempunyai harga yang selangit dan sangat mahal.

Cara Memilih dan Membeli RAM

Memang hal tersebut bisa kita benarkan. Mengapa tidak, karena memang harga RAM di pasaran melambung, mungkin didukung juga karena persediaan RAM yang juga terbatas. Biasanya RAM di lihat dari segi kinerjanya. kinerja dari RAM tersebut adalah jenis chip yang digunakan, jadi para produsen membeli chip tersebut dari pabrik lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda seperti Apacer, Visipro, Vgen, dll mempunyai chip yang sama.

RAM Komputer

Nah, kalau sudah begitu, dengan membeli RAM sesuaikan dengan kebutuhan saja, kalau untuk pemakaian sehari-hari (Default) ga usah beli RAM yg pake chip dengan harga yang mahal, beli saja merek biasa asalkan kantong. Tetapi kalau mau main overclock beli yang chipsetnya yang tidak murahan dan terbukti kualitasnya. Jangan lupa sesuaikan dengan kondisi komputer dan notebook anda.

Itulah tadi sekelumit beberapa kasus dan cara membeli dan memilih RAM yang baik, semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian yang sedang bingung cara memilih dan membeli RAM dikarenakan anda salah satu orang yang awam dalam hal seperti ini.

About Nusantara 34 Articles
Nusantara adalah salah satu penulis yang cinta sekali dengan Negara Indonesia, karena itu di setiap member online dia memilih menggunakan username nusantara demi kecintaannya terhadap negeri ini. Selain itu dia bercita-cita ingin memajukan Bangsa Indonesia menjadi negara yang disegani di seluruh dunia!

32 Comments on Cara Memilih dan Membeli RAM Untuk Komputer atau Laptop

  1. saya sangat awam tentang komputer, saya pake notebook memorinya hanya 512 mb, processornya 1,7 klo saya nambah 2 Gb apa cocok tuh?

    • @zulfan: Tidak ada masalah yang penting buz RAM memang cocok dengan laptop anda. Kalau memang ingin nambah, coba saat membeli RAM, sekalian bawa latopnya agar dipilihkan RAM yang paling cocok untuk maptop anda.

  2. Gan, ane mau upgrade RAM nih, tapi untuk tahu jenis RAM yang kompatibel gimana ya? Maklum, ane emang masih awam dalam hal beginian.Sekedar info saja laptop ane compaq cq515 dengan Standard Memory 1 GB DDR2 SDRAM PC-6400.

    • @Rururu: Itu sudah anda sebutkan. Anda tinggal beli yang setipe dengan DDR2 SDRAM PC-6400 dengan kapasitas yang lebih besar. Atau, kalau memang belum tahu cara pasangnya, tinggal membawa notebook anda ke tempat di mana anda ingin membeli RAM. SAya kira pemilik toko akan membantu memasangkannya untuk anda.

  3. penyebab dari bluescreen apa solusinya di re-instal ulang udah t[i tetap juga muncul bluescreen mohon pecerahannya yah gan.

    • @putri: Kalau sudah istall ulang masih bluescreen, penyebabnya kemungkinan besar karena hal ini:

      1) RAM
      2) Hardsik
      3) Processor (Jarang terjadi). Coba cek RMA nya terlebih dahulu dan pasang RAM lain yang bagus. Untuk hardisk, bisa coba test hardisk di komputer yang lain.

      Selamat berkesperimen lagi dan semoga berhasil.

  4. gan, apa bisa laptop di upgrade prosesornya dan kartu grafisnya jadi yg lebih kuat?
    maaf, masih awam soal laptop.. :)

    • @jaya: Untuk kartu grafis, beberapa laptop bisa, tapi yang biasa melakukannya itu hanya service center resmi. Untuk Processor, secara umum tidak bisa diganti karena sudah paten dari pabrikan.

      Kalau saran saya pribadi, lebih baik anda tukar tambah laptop daripada harus upgrade processor atau kartu grafis.

    • @jaya: Sebenarnya kalau bicara “teknis secara mendalam”, semua processor dan kartu grafis bisa diganti, tetapi mengingat resikonya yang besar sebaiknya memang tidak dilakukan karena kalau dihitung dari sisi biaya jauh lebih murah tukar tambah notebook.

      Beda lagi kalau yang diganti dan digunakan sebagai pengganti adalah sama-sama laptop rusak total, mungkin bisa dipertimbangkan. Kalau diistilahkan disebut “kanibal hardware laptop”.

      Semoga penjelasan singkat ini bisa dimengerti.

    • @boris: Setahu saya kalau laptop itu harus pakai RAM DDR3 PC1066. Kalau upgrade sebaiknya minimal 2GB (Ditambahkan RAM asli 2GB jadinya 4GB).

  5. gan gw kan laptop dell inspiron n4050, cara nambah atau ganti ramnya gimana?
    sekalian belinya di mana? (ane tinggal di tangerang cipondoh paling deket dimana kalo beli?)

  6. Maaf numpang nanya, (soalx masih awam banget)
    saya punya PC lawas dan masih pake setelan XP, dengan spesifikasi RAM 1 gb, Dual CPU
    (Q bingung PC ku tu dual core apa bukan)

    yg ingin saya tanyakan klo saya ingin menambah/mengganti dg RAM 4 gb dan Hardisk 1 TB apakah sudah cocok? kira2 nanti ngangkat gag?
    makasih

    • @Sisca: Kalau RAMnya sih tidak masalah, tapi yang jadi masalah itu hardisknya, Sepertinya terlalu besar (Yang tentunya akan membuat kompputer anda jadi lambat. Tapi juga masih tergantung dari power supply-nya juga. Kalau memang Power Supply berdaya tinggi, mungkin tidak menjadi masalah).

    • @Rahmat: Barusan Googling, pada sumber yang saya baca masih memakai DDR2 PC-6400, jadi kalau upgrade ya anda harus membeli RAM dengan bus yang sama dengan yang saya sebutkan.

      Atau, lebih baik lagi jika anda membawa laptop tersebut saat membeli RAM, sekalian minta dipasangkan sehingga tidak akan salah lagi.

  7. gan sy kn px notbook ram 512 pc 5300,, tp krn ramx bermslh sy ganti dgn ram 1gb pc 6400,,norml sihh, tp mslhx hx 512 sj yg trbc olh windosx,,tp klu d bios ramx kebaca full kok,kra3 mslhx dmn ya ??

    • @wibi: Hmm, mungkin OS nya yang bermasalah. Sudah pernah coba install ulang Windows? Atau kalau cuman test apakah OS bermasalah atau tidak, bisa menggunakan Linux live CD untuk mengetahui RAM yang terdeteksi.

      Kalau memakai live CD Linux terbaca 1,5GB berarti OS nya yang bermasalah. Kalau tetap saja, bisa jadi motherbord dari laptop anda memang support (atau karena sedang error) hanya 512MB.

      Seilahakn bereksperimen.

  8. gan laptop ane acer aspire 4349 prosesor b800 ram 1gb klo ane mau upgrade jadi 3gb kira-kira dukung ga gan?apa malah ngadat?

  9. netbook saya
    Samsung N148 PLUS
    apa bisa saya upgrade ke 4gb dan saya tambah hardisk nya jadi 500gb

    mohon pencerahannya?
    (^_^)

    • @zoel: Setahu saya bisa saja, tinggal membelikan RAM tpe dan bus yang sama dengan yang sebelumnya, lalu pasang di netbook. Untuk hardisk, sama saja, bisa dianti dengan merek apa saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*