Setelah di beberapa kesempatan yang lalu kita bericara tentang masalah cara merawat RAM pada CPU Komputer, nah dikesempatan kali ini, saya ingin memberikan sebuah studi kasus tentang cara membeli RAM dan cara memilih RAM. Biasanya banyak orang-orang di sekitar kita yang tidak terlalu paham dengan dunia komputer pastilah menganggap bahwa RAM mempunyai harga yang selangit dan sangat mahal.

Cara Memilih dan Membeli RAM

Memang hal tersebut bisa kita benarkan. Mengapa tidak, karena memang harga RAM di pasaran melambung, mungkin didukung juga karena persediaan RAM yang juga terbatas. Biasanya RAM di lihat dari segi kinerjanya. kinerja dari RAM tersebut adalah jenis chip yang digunakan, jadi para produsen membeli chip tersebut dari pabrik lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda seperti Apacer, Visipro, Vgen, dll mempunyai chip yang sama.

RAM Komputer

Nah, kalau sudah begitu, dengan membeli RAM sesuaikan dengan kebutuhan saja, kalau untuk pemakaian sehari-hari (Default) ga usah beli RAM yg pake chip dengan harga yang mahal, beli saja merek biasa asalkan kantong. Tetapi kalau mau main overclock beli yang chipsetnya yang tidak murahan dan terbukti kualitasnya. Jangan lupa sesuaikan dengan kondisi komputer dan notebook anda.

Itulah tadi sekelumit beberapa kasus dan cara membeli dan memilih RAM yang baik, semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian yang sedang bingung cara memilih dan membeli RAM dikarenakan anda salah satu orang yang awam dalam hal seperti ini.

Tags: