Awas! Bahaya KeyLogger Masih Mengintai Anda

mengantisipasi bahaya keylogger

Apakah anda memiliki data-data penting yang anda simpan di dalam komputer pribadi anda ? Apakah anda sering mengakes akun penting anda seperti email,internet banking, ataupun akun social anda? Jika ya, pastikan untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap Key Logger. Ibarat rumah, dia bisa masuk sekalipun anda telah menutup rapat pintu rumah anda.

Mengantisipasi bahaya keylogger

Bagaimana menghindari bahaya keylogger ini? mari simak ulasan berikut ini.

Apa itu keylogger?

Menurut Wikipedia, Keylogger atau perekam ketikan merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol papan ketik. Sebuah perekam ketikan biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol papan ketik tersebut ke dalam sebuah berkas cecatat (log file). Beberapa perekam ketikan tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke email tertentu secara berkala.

Dari penjelasan diatas, dijelaskan bahwa keylogger memiliki 2 macam, yakni berbentuk fisik (hardware) yang biasa dipasang pada port keyboard, ataupun dalam bentuk software yang saat ini sudah bertebaran bak jamur di musim hujan.  Dalam artikel ini saya hanya akan membahasa seputar keylogger yang berbentuk software.

Sebarapa aman komputer anda?

Keylogger  sama halnya dengan virus ataupun Trojan  yang menyebar secara viral tetapi perbedannya, keylogger tidak merusak komputer anda melainkan lebih berfungsi untuk mencatat segala aktifitas di komputer anda. Setiap kali anda mengetik di keyboard anda, keylogger ini akan menyimpannya dalam sebuah file lalu mengirimnya ke pemilik keylogger melalui email atapun FTP.

Meskipun anda telah memakai antivirus terbaik di dunia ini, percayalah, perkembangan keylogger lebih cepat dibanding update antivirus anda. Bahkan, seorang programmer dapat dengan mudahnya membuat keylogger baru yang undetected untuk anti virus manapun. Kebanyakan antivirus hanya dapat mendeteksi keylogger yang sudah berterbaran dan dipublikasi.

Keylogger dapat menyebar melalui beberapa cara. Tapi umunya, penyebaran keylogger lebih sering dengan cara disisipkan dengan file-file lain. Jadi jangan sembarang membuka file yang mencurigakan sekalipun telah anda scan dengan antivirus karena keylogger pun bisa disipkan pada file pdf dan antivirus tidak akan mendeteksi file pdf sebagai virus.

Bagaimana mengantisipasi bahaya keylogger?

Ada beberapa cara untuk mengurangi resiko diintai keylogger ini. Menggunakan on-screen keyboard tidaklah cukup karena keylogger bisa melakukan screenshot pada layar monitor anda.

Berikut ini tips yang mungkin bisa anda coba :

1. Gunakan Firewall

Firewall atau dinding api, adalah sebuah software yang fungsinya untuk mengontrol lalu lintas traffic internet anda. Dengan firewall, anda bisa mengatur ijin untuk setiap aplikasi bila mengakses internet. Jika anda anda menemukan sesuatu yang mencurigakan ingin mengakses internet anda, bisa jadi itu virus atau keylogger. Gunakan firewall untuk mengblokirnya.

Software firewall yang direkomendasikan adalah Comodo Firewall atau ZoneAlarm. Kedua software ini tersedia gratis di internet.

2. Gunakan Keyscrambler

Keyscramble singkatnya adalah aplikasi yang berfungsi untuk meng-enkripsi setiap ketikan yang terjadi pada keyboard. Jadi jika anda mengtik “komputer” pada keyboard, yang akan terekam oleh keylogger adalah “*#@::’))2f”. Software ini walaupun sangat sederhana tapi sangat efektif. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di sini http://www.qfxsoftware.com

3. Selalu Mengupdate Database Antivirus Anda

Walaupun mengupdate database antivirus tidak menjamin aman dari keylogger, tapi setidaknya ini lebih baik dilakukan agar antivirus lebih tanggap dalam mendeteksi keylogger terbaru.

Mungkin sekian tips dan pembahasan saya tentang keyloggger. Diharapkan mulai sekarang anda bisa lebih waspada dan tidak meremehkan bahaya keyloggger ini dan menyesal dikemudian hari. Mungkin, istilah “sedia payung sebelum hujan” cocok untuk ini.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*