Tombol keyboard yang rusak atau tak berfungsi bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti terkena tumpahan air, tertindih barang, ataupun karena terlalu sering digunakan. Tombol keyboard rusak bisa jadi adalah makanan sehari-hari pemilik warnet , dimana keyboard dipakai secara terus menerus dan biasa juga bagi penggila game.

Mengakali tombol keyboard yang rusak

Jika masalah ini terjadi pada anda, satu atau beberapa tombol keyboard anda tidak berfungsi, jangan buru-buru membuang keyboard anda. Silahkan ikuti tips dibawah ini untuk mengakali tombol keyboard yang rusak.

Disable tombol yang rusak

Ya, cara yang sangat simpel. Cukup disable (nonaktifkan) tombol yang rusak tersebut dan ganti dengan tombol lainnya. Misalkan tombol “enter” keyboard anda tidak berfungsi, anda bisa mendisable tombol enter dan mengganti fungsi tombol lain sebagai tombol Enter.  Hal itu bisa anda lakukan tentunya jika anda mengerti tentang code map dari fungsi keyboard tersebut pada value data registry editor.

Kabar baiknya, anda tidak perlu lagi susah-susah memahami code map dari setiap tombol keyboard anda. Sekarang ada aplikasi sederhana yang bisa anga gunakan yaitu SharpKeys. Tools ini berfungsi untuk menon-aktifkan tombol-tombol di keyboard. Tidak hanya itu, tool ini juga bisa merubah fungsi tombol-tombol keyboard tersebut.

Jadi dengan SharpKeys ktia bisa menonaktifkan tombol Caps Lock, Windows,Alt,tombol fungsi (F1 – F12), backspace, space, numeric,  dan lainnya. Kita dapat dengan mudah merubah fungsi tombol Caps Lock menjadi Enter, tombol 1 menjadi 2, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda bisa download gratis di http://www.randyrants.com/2008/12/sharpkeys_30.html

Cara menggunakan SharpKeys

1. Tool ini bersifat portable jadi anda tidak perlu install lagi. Langsung double klik untuk membukanya

2. Setelah terbuka kemudian klik add.

3.  Akan muncul jendela dialog baru, terdapat 2 panel yaitu kiri dan kanan. Pada panel kiri, anda pilih tombol keyboard mana yang ingin di nonaktifkan atau diganti dengan  fungsi tombol lain yang tertera pada panel  kanan. Sangat mudah

4. Klik OK

Mengakali tombol keyboard yang rusak

Bagaimana? Mudah bukan? Dengan begini anda bisa mencari solusi cepat jika suatu saat keyboard anda menjadi error.

Silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat!