Tips Menahan Penyebaran Virus Komputer

Menahan Penyebaran Virus Komputer

Virus, suatu hal yang paling membuat cemas ketika telah masuk dan menjangkit  komputer kita. Tentunya anda akan segera mengambil langkah guna mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi dan anda pun tidak akan membiarkan virus tersebut menyebar dengan bebas di komputer anda.

Tips Menahan Penyebaran Virus Komputer

Virus komputer biasanya menyebar dengan berbagai cara. Seperti melalui perangkat-perangkat lunak bajakan, melalui website, atau yang paling sering adalah melalui perantara usb flash disk.

Penyebaran virus melalui flashdisk memang  sangat sering terjadi. Apalagi bagi anda yang sering menggunakan flash disk pada komputer yang berbeda-beda, resiko terinfeksi virus pun akan semakin besar.

Pada dasarnya, sewaktu anda mencolokkan Flash Disk di komputer, flashdisk tersebut akan langsung dijalankan. Fitur ini dinamakan Autorun,  dan disinilah virus memanfaatkan kesempatan ini. Ketika flashdisk dicolok, virus akan langsung tereksekusi dan akan terinstall di komputer anda.

Untuk mecegah penularan virus melalui flashdisk, ada cara ampuh yang bisa anda coba yaitu dengan mematikan fitur autorun pada windows. Dengan begitu, ketikan anda mencolokkan flashdisk ke komputer, tidak ada program yang berjalan secara otomatis. Itu artinya, virus tidak akan meng-eksekusi dirinya sendiri kecuali jika anda mengkliknya. (jangan klik file yang terlihat mencurigakan).

Langsung saja, untuk menonaktifkan autorun, ikuti petunjuk berikut :

1.       1. Klik tombol Start dan klik menu Run

2. Pada kotak dialog yang muncul , ketik gpedit.msc dan klik tombol OK

Menahan Penyebaran Virus Komputer

 

 

 

 

 

3. Setelah itu akan muncul jendela tampilan Group Policy seperti ini :

Menahan Penyebaran Virus Komputer

1.      

4 . Cari lokasi folder  Computer Configuration > Administrative Templates > System.

2.       5. Selanjutnya dobel klik “Turn Off Autoplay”

3.       6. Sesaat kemudian akan muncul jendela baru. Pada turn off autoplay, pilih enabled dan klik OK.

4.       7. Setelah langkah tersebut anda lakukan , terakhir anda masuk ke folder User Configuration > Administrative Templates > System.  Dan lakukan kembali langkah-langkah dari 1 sampai 6.

 

5.       8. SELESAI

Itulah cara menonaktifkan fitur autorun pada windows. Perlu diingat bahwa hal ini hanya membantu anda untuk menekan penyebaran virus melalui flashdisk, dan tidak menjamin komputer anda bebas dari virus.

Virus, suatu hal yang paling membuat cemas ketika telah masuk dan menjangkit  komputer kita. Tentunya anda akan segera mengambil langkah guna mencegah hal yang tidak dinginkan terjadi dan anda pun tidak akan membiarkan virus tersebut menyebar dengan bebas di komputer anda.

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

2 Comments on Tips Menahan Penyebaran Virus Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*