Tips Menjadikan Android Sebagai Hotspot Wifi

Menjadikan android hotspot wifi

Saat ini   Android memang sudah sangat  populer apalagi dengan banyaknya gadget-gadget terbaru yang  dilengkapi Android sebagai sistem operasinya.

 

menjadikan android sebagai hotspot wifi

 

Android memiliki banyak fitur yang bisa memanjakan penggunanya. Salah satunya yaitu fitur yang memungkinkan Android dijadikan sebagai hotspot wifi. Anda tidak perlu membeli access point lagi, anda juga bisa berbagai koneksi dengan mudah ke perangkat lainnya.

Berikut ini cara mudah menjadikan Android sebagai hotspot wifi:

1. Pertama-tama masuk ke menu Settings >> Wireless and Networks >> Tethering and Portable Hotspot.

Menjadikan android hotspot wifi

2. Selanjutnya pilih Configure Wi-Fi Hotspot, maka anda akan muncul jendela setting Wi-Fi anda. Contohnya bisa anda lihat pada gambar diatas.

  • Network SSID disi dengan nama (sembarang) Wifi yang anda inginkan.
  • Security ada 3 opsi, WPA PSK dan WPA2 PSK untuk mengamankan wifi menggunakan password. Jika anda memilih salah satunya, maka wifi nantinya hanya dapat diakses oleh orang yang mengetahui passwordnya. Jika anda memilih None maka Wifi  akan menjadi open wifi dan siapa pun bisa mengakses bebas wifi anda.
  • Form password : isi dengan password yang inginkan. Ini adalah password untuk masuk ke wifi anda (jika anda mengaktifkan WPA PSK atau WPA2 PSK)

 

3. Setelah selesai mengkonfigurasi, tekan OK.

4. Centang pada Portable WiFi Hotspot. Jangan lupa untuk menyalakan internet anda

5. Test hotspot  di laptop atau perangkat lain, lakukan search jaringan Wifi yang tersedia. Jika berhasil maka anda akan menemukan Wifi android dengan nama yang sudah anda setting.

6.  Coba koneksikan , jika berhasil, anda sudah bisa membuat wifi hotspot sendiri.

Catatan : Jangan terlalu sering menjadikan Android sebagai wifi karena akan mempengaruhi kinerja perangkat Anda. Perangkat Android akan lebih cepat panas dan juga baterai akan cepat habis jika digunakan sebagai wifi hotspot.

 

 

 

 

About Bahtiar 737 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

9 Comments on Tips Menjadikan Android Sebagai Hotspot Wifi

    • @syam: Mohon maaf, saya sendiri belum pernah test (dan memang tidak punya) Advan T2i, jadi kurang tahu jawabannya. Coba cari referensi di website lain.

      Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya.

  1. Mau tanya ne gan. Kalau saya mau pasang wifi sendiri di hp android saya alat yg perlu sya perlukan apa ya gan? Kayak semacam modem atau mungkin router yg prlu saya butuhkan kah?

  2. Gan , apakah kita harus mempunyai paket Internet ??
    dan kalo misalkan gak punya paket internet bisa di jalankan / tidak sinyal Hotspot tersebut ??? :3 tolong di respon gan !!

  3. Gan , apakah kita harus mempunyai paket Internet ??
    dan kalo misalkan gak punya paket internet bisa di jalankan / tidak sinyal Hotspot tersebut ??? :3 tolong di respon gan !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*