Cara Menghemat Beterai iPad

tips menghemat baterai ipad

iPad merupakan produk tablet unggulan yang diproduksi oleh Apple. Dengan dilengkapi sistem operasi handal, prosesor yang cepat, spesifikasi yang mumpuni, serta daya tahan baterai yang tergolong tahan, menjadikan iPad sangat diminati oleh masyarakat dunia.

tips menghemat baterai ipad

 

Disini penulis akan membahas secara singkat mengenai kapasitas baterai pada Apple iPad. Seperti yang diklaim oleh Apple, mulai dari era iPad2 mereka mengatakan bahwa perangkat ini memiliki baterai dengan daya tahan hingga 10 jam, dan seiring dengan pembaruan iPad ke versi-versi berikutnya, baterai akan terus ditingkatkan performa dan daya tahannya.

Walaupun iPad terkenal dengan ketahanan baterainya, sebagai pengguna anda juga harus tetap menjaga dan memaksimalkan penggunaan baterai sehingga tetap terjaga kulitas dan performanya. Berikut ini penulis telah merangkum beberapa tips yang bisa anda lakukan guna menghemat baterai iPad anda :

1. Gunakan fasilitas WiFi secara bijak

Jika anda sedang tidak memerlukan Wifi, sebaiknya non-aktifkan fitur WiFi. Caranya, masuk ke menu Settings >> WiFi >> dan pilih Off.

2. Menggunakan Push Email seperlunya

Sebaiknya matikan fasilitas push mail jika memang tidak diperlukan. Anda bisa atur pada menu Settings > Mail, Contacts, Calendar > Fetch New Data. Kemudian alihkan posisi ke Off.

3. Lakukan update software secara berkala.

Hal ini sangt penting, dalam setiap software update tentunya kemampuan dan ketahanan baterai akan  dimaksimalkan. Dengan melakukan Update secara rutin akan memperbaharui software serta menutup bug-bug yang bisa mengurangi performa baterai.

4. Hanya menyalakan bluetooth sewaktu diperlukan.

Anda bisa atur pada menu General > Bluetooth.

5. Non-aktifkan fitur berbasis Location Services.

Location services adalah layanan yang memberitahukan lokasi anda sewaktu melakukan aktivitas pada aplikasi tertentu. Contohnya jika anda sedang meng-update status di twitter, maka akan ada pilihan untuk men-share lokasi anda saat itu.

Sekiranya ini tidak terlalu penting, dan memberitahukan posisi anda kepada orang lain juga bukan hal yang menarik.

6.Gunkan Fitur Pemberitahuan Default iPad secara bijak

Fitur ini berfungsi untuk memberikan notifikasi ke pengguna setiap kali muncul update, data, atau pun aplikasi baru. Fungsi notifikasi ini memang penting, tetapi jika anda tidak terlalu memerlukannya,   sebaiknya anda menon-aktifkannnya guna menghemat pemakaian baterai ipad anda.

7. Menggunakan “Airplane Mode” Secara Bijak

Air Plane Mode pada iPad fungsinya yaitu untuk mematikan semua konektivitas yang aktif mulai dari wifi,internet, sinyal seluler dll. Fitur ini umumnya boleh anda gunakan saat anda sedang berada di dalam pesawat yang memang diwajibkan untuk menon-aktifkan segala perangkat elektronik.

Demikian tips dan cara menghemat pemakaian baterai iPad yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat !

 

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*