Saat komputer terjangkit virus tentunya sangat menyebalkan, file penting lenyap, file tiba-tiba berubah formatnya atau bahkan sistem operasi pun juga ikut rusak. Itulah beberapa hal yang sering terjadi saat komputer terjangkit virus komputer.

membersihkan virus shortcut

 

Memasang antivirus memang dapat meminimalisir masuknya virus di komputer. Tapi apakah hal itu sudah bisa benar-benar terjamin? Ternyata jawabannya tidak. Ada banyak celah yang dapat digunakan sebagai pintu masuknya  virus, bahkan jika anda memang antivirus terbaik sekalipun.

Sebagai contohnya, virus shortcut (lnk), virus ini kenyataanya memang bukan virus yang sangat berbahaya, tetapi virus ini begitu menyebalkan, karena  dapat meng-kamuflase dirinya sendiri menyerupai file shortcut biasa, dan yang lebih parahnya lagi ia juga dapat menggandakan dirinya saat file shortcut virus tersebut dijalankan (diklik).

Nah, untuk membasmi virus tersebut bisa dengan banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan sistem operasi Linux. Kenapa menggunakan Linux? Singkat saja, karena virus tersebut dirancang untuk windows dan tidak dapat berjalan pada OS Linux.

Bagaimana caranya? Pertama-tama coba masuk ke sistem operasi Linux di komputer anda, bila komputer anda sudah ter-dualboot dengan Linux, pastinya akan semakin mudah, tinggal masuk ke Linuxnya. Tetapi jika anda tidak memilikinya, anda bisa mencari Linux Live CD ataupun Live USB.

Kemudian buat file clean.sh dengan perintah berikut

#!/bin/sh
echo "Scanning Virus and Junk File"
find . -type f -name "autorun.inf" -exec rm -fv {} \;
find . -type f -name "Autorun.inf" -exec rm -fv {} \;
find . -type f -name "desktop.ini" -exec rm -fv {} \;
find . -type f -name "dekstop.ini" -exec rm -fv {} \;
find . -type f -name "*.vbs" -exec rm -fv {} \;
find . -type f -name "*.vbe" -exec rm -fv {} \;
find . -type f -name "*.lnk" -exec rm -fv {} \;
find . -type f -name "*.vbe" -exec rm -fv {} \;
echo "Finish.."

File clean.sh tersebut silahkan anda simpan ke dalam directory yang akan anda discan. File di atas intinya adalah perintah untuk mencari file mencurigakan yang kemudian akan dihapus.

Untuk menjalankan file itu, anda bisa buka console/terminal, lalu ketikkan

$chmod +x clean.sh

Kemudian eksekusi file tersebut dengan perintah

$./clean.sh

atau

$sh clean.sh

Dengan cara ini ,  secara otomatis file dengan nama serta ekstensi seperti yang dituliskan pada baris perintah file di atas akan dihapus.