Cara Mengetahui Path Folder dan File Pada Linux Command Line

Path FileZilla hasil copy paste PWS pada Linux

Ketika sedang bekerja dengan linux command line, tentunya kita kadang tidak ingat di mana letak dari folder yang sedang kita pakai. Jika ingin mengetahui di mana letak folder dari yang sedang kita pakai, maka perintah baris yang bisa kita gunakan adalah pwd. Perintah ini sendiri merupakan kependekan dariĀ Print Working Directory yang berarti mencetak/mengeluarkan informasi di mana letak dari path folder yang sedang dipakai.

Untuk contoh konkrtinya anda bisa langsung mempraktekkannya pada Linux yang anda punya, atau bisa juga menggunakan VPS yang sedang anda gunakan untuk mengelola website. Contoh gambar bisa anda lihat di bawah ini:

Perintah PWD untuk mengetahu path dari Linux

pwd
man pwd

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai kegunaan perintah ini, anda bisa menggunakan perintah man pwd untuk mengetahui deskripsi (manual) dari perintah pwd.

Perintah ini juga bisa menjadi alternatif ketika menggunakan software semacam FileZilla sehingga kita tidak harus banyak klik untuk masuk ke folder dari website. Tinggal copy hasil [erintah pwd dan paste di bagian path dari software FilZilla FTp Client.

Path FileZilla hasil copy paste PWS pada Linux

Akhirnya, meskipun isi artikel tentang penerapan perintah pwd di Linux ini cuman sedikit, penulis harap bisa memberikan manfaat untuk pengunjung sekalian.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*