Backup Database MySQL (WordPress) Menggunakan mysqldump

Backup database MySQL menggunakan Linux command line

Jika anda sudah berkutat dengan website, maka pasti akan bertemu dengan yang namanya database. Di sisi lain, backup file dan database suatu website merupakan hal rutin yang perlu dilakukan sebagai cara untuk menghindari “hal-hal yang tidak diinginkan” terjadi.

Untuk backup file, semua orang pasti sudah tahu caranya, hanya tinggal download semua file di server ke komputer melalui protokol FTP.  Namun, bagaimana cara backup database MySQL? Ada banyak cara, salah satunya adalah menggunakan fasilitas command line pada Linux.

Backup database MySQL menggunakan Linux command line
Klik gambar untuk memperbesar ukurang gambar!

Sebagai contoh, kita akan melakukan backup database dengan nama database db_website, username user_website sedangkan password databasenya adalah pass_website dan ingin membackupnya ke bentuk file SQL dengan nama backup_website.sql maka perintah untuk backup database melalui command line adalah:

mysqldump -u user_website -p db_website > backup_website.sql
mysqldump -u user_website -p db_website | gzip > backup_website.sql.gz

Jika anda diminta untuk memasukkan password, maka segeta ketik password pass_website dan lanjutkan dengan tombol enter. Selanjutnya, tunggu sampai proses selesai (Semakin besar database, semakin besar file yang dihasilkan.

Perintah pertama diatas akan membuat dati file SQL dengan nama backup_website.sql sedangkan perintah kedua akan membuat file SQL yang sudah dicompress menggunakan kompresi GZIP (File akan menjadi backup_website.sql.gz). Perintah kompresi ini optional, tidak harus dilakukan, hanya untuk kalangan tertentu saja yang ini membuat ukuran file lebih kecil.

Sesudah melakukan backup database dari MySQL, anda bisa menyimpannya di komputer lokal, atau menyimpannya di tempat lain yang  lebih aman. Selamat mencoba dan jika ada pertanyaan seputar perintah mysqldump, jangan ragu untuk bertanya dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

2 Comments on Backup Database MySQL (WordPress) Menggunakan mysqldump

  1. Saya yg namanya database & bakcup aja blm tau banget asli nya apa dan untuk apa gitu? Kalau bisa sih jelasin? database adalah? Untuk apa? Backup adalah? Kegunanya diantaranya apa aja gtu bos? Kalau mau jawab terima kasih banyak bos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*