Cara Menambahkan Perintah Baru di Menu RUN

Cara menambahkan Perintah baru di menu RUN

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows tentu sudah familiar dengan fasilitas bawaan dari windows yaitu RUN. Seperti yang diketahui bahwa fungsi Run ini adalah untuk menjalankan perintah-perintah untuk membuka program-program tertentu pada Windows. Misalnya ketika anda ingin mengakses program Microsoft Word dengan cepat, anda tinggal mengetikan command WINWORD pada kotak dialog menu RUN. Contoh lainnya, jika anda ingin mengakses Command Prompt, anda tinggal ketikan saja CMD di kotak dialog Run dan dengan segera program Command Prompt akan terbuka.

Dalam artikel ini, penulis akan berbagi cara untuk menambah perintah-perintah baru sesuka anda untuk menu Run pada Windows. Anda bisa menambahkan perintah seperti “musik” atau dengan nama apa saja yang anda mau dan dapat anda atur program apa yang akan terbuka.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mempraktekannya :

1 . Klik kanan pada tampilan Desktop anda, lalu pilih “New” kemudian pilih “Shortcut”. Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

menambahkan Perintah baru di menu RUN

2. Kemudian klik “Browse” dan pilih program yang anda inginkan. Arahkan ke lokasi dimana file utama (.exe) program tersebut terinstall. Contohnya jika anda ingin programnya adalah Windows media player, maka arahkan ke lokasi ini C:\Program Files\Windows Media Player\wmplayer.exe.

Ingat, file yang dipilih adalah file utama dari program, misal iexplore.exe, wmplayer.exe, dan sebagainya.

Cara menambahkan Perintah baru di menu RUN

3. Klik “OK” dan kemudian masukkan nama untuk Shortcut tersebut terserah anda. Misal “WMP” , dan klik “FINISH”.

4. Setelah langkah tersebut, maka akan muncul file shortcut yang baru saja dibuat di Desktop anda. Selanjutnya file ini pindahkan ke C:\Windows

5. Selesai. Sekarang anda bisa mencoba membuka Menua run, laku ketikan “WMP” dan enter, maka program Windows Media Player akan dijalankan.

Itulah cara sederhana yang bisa anda coba untuk menambahkan perintah program baru di menu Run windows anda. Anda bisa masukkan program apa saja yang anda inginkan misalnya firefox, idm, dan sebagainya.

Semoga berguna !

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

1 Comment on Cara Menambahkan Perintah Baru di Menu RUN

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*