Cara Install Perintah/Fungsi nslookup di Linux CentOS

Install fungsi dan perintah nslookup pada Linux CentOS

Kemarin sewaktu baru install CentOS di VPS ternyata secara default (untuk beberapa versi) fungsi/perintah nslookup tidak dikenali. Karena tidak dikenali maka saya langsung saja ambil kuda-kuda dan mencoba install nslookup dengan perintah “yum install nslookup”. Ternyata perintah ini pun tidak bisa, karena “nsloookup” bukan merupakan aplikasi yang siap diinstal.

Install fungsi dan perintah nslookup pada Linux CentOS

Karena cara pertama yang sudah saya sebutkan sebelumnya tidak berfungsi, langsung pergi  ke Google dan mencari cara bagaimana cara install nslookup di dengan beberapa variasi keyword.

Akhirnya, sekarang saya tahu bagaimana cara install nslookup di CentOS yaitu dengan cara:

yum install bind-utils

Setelah proses install selesai (yang membutuhkan waktu tidak begitu lama) akhirnya anda bisa menggunakan perintah “nslookup” dengan sepuas-puasnya selama system Linux anda tidak bermasalah.

Mudah sekali bukan? Meskipun begitu masih ada beberapa orang yang belum tahu (termasuk saya sendiri) cara install nslookup ini. Sesudah proses install selesai, anda bisa menggunakan nslookup sepuasnya.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*