Merubah Password root dari MySQL Database Menggunakan Command Line pada Linux

Merubah password root dari database MySQL

Beberapa waktu yang lalu pernah kejadian, ada teman yang ingin merubah password dari database MySQL karena “katanya” sudah tidak aman lagi menggunakan password tersebut mengingat ada beberapa orang yang tidak sengaja tahu dengan password root tersebut. Kemudian dia coba berkonsultasi (baca: tanya) dengan saya bagaimana cara merubah password root pada MySQL.

Merubah password root dari database MySQL

Karena website yang dia kelola menggunakan VPS Linux yang biasa diakses melalui coomand line menggunakan protokol SSH (kalau di windows bisa diakses menggunakan putty). Jika belum pernah memasukkan/mengeset password pad MySQL, maka perintah yang digunakan adalah di bawah ini:

mysqladmin password "p455w0rdb4ru"

atau

mysqladmin -u root password "p455w0rdb4ru"

atau

mysqladmin -u root -h localhost password "p455w0rdb4ru"

Jika anda sebelumnya pernah mengeset password dan ingin merubah password lama, maka perintah yang digunakan sedikit berbeda dengan perintah ketika pertama kali setting password karena akan ditanyakan password lama (current password) sebelumnya. Contohnya bisa dibaca di bawah ini:

mysqladmin -u root -p password "p455w0rdb4ru"

atau

mysqladmin -u root -p -h localhost password "p455w0rdb4ru"

Sekarang, dengan cara ini anda bisa merubah password pada MySQL dengan mudah dan cepat menggunakan command line pada Linux. Sesudah merubah password root dari MySQL, jangan pernah memberitahu password tersebut ke orang lain sehingga kondisi aplikasi/website/database anda jadi lebih aman.

Semoga artikel ini bermanfaat.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

4 Comments on Merubah Password root dari MySQL Database Menggunakan Command Line pada Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*