Hardisk bad sector adalah masalah yang kerap terjadi pada hardisk. Secara ringkas, bad sektor ini dapat diartikan sebagai bagian-bagian (sektor) yang rusak pada harddisk.

 

cara deteksi harddisk badsector

Badsector pada hardisk biasanya terjadi akibat penggunaan komputer yang tidak benar. Salah satu kasus yang sering menjadi penyebabnya adalah mematikan komputer dengan paksa tanpa melalui proses shutdown sebagaimana mestinya.

Untuk komputer dengan spek yang tinggi, mungkin akan sangat jarang terjadi komputer menjadi lambat bahkan hang. Berbeda dengan komputer dengan spek minim dimana sering terjadi komputer menjadi lambat dan bahkan menjadi hang. Dalam kasus seperti ini, pada kebanyakan pengguna akan langsung mematikan komputer dengan memencet tombol power pada komputer, dan mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut akan sangat berbahaya terutama bagi kesehatan hardisk.

Apabila anda juga sering melakukan hal tersebut, maka sebaiknya anda perlu mengecek apakah hardisk anda terkena badsector atau tidak. Anda dapat menggunakan sebuah software bernama Windows surface scanner untuk melakukannya.

Windows surface scanner ini akan menscan seluruh harddisk anda serta membaca setiap masalah yang terdapat didalamnya. Software ini dapat berjalan pada sistem operasi window xp vista dan juga seven. Aplikasi ini juga telah mendukung tipe harddisk ATA, SATA, serta USB.

Anda dapat mengunduh software windows surface scanner ini dari link di bawah ini.

http://www.dtidata.com/windowssurfacescanner/

Software ini tersedia secara gratis dan legal. Sayangnya, software ini hanya dapat mendeteksi badsector pada hardisk, dan bukan untuk memperbaiki badsector  pada hardisk.