Hapus Spam Comment Secara Massal Pada WordPress (MySQL)

Delete Spam Comments

Bagi yang punya blog berbasis wordpress, anda pasti kesal jika banyak cooment yang masuk yang memenuhi tabel dari MySQL yang ada di blog yang kita kelola. Komentar SPAM ini biasanya dihasilkan oleh filter dari plugin Akismet yang akan membuat komentar masuk secara otomatis ke folder/menu Spam.

Lama kelamaan folder/menu Spam ini semakin banyak sehingga memenuhi table MySQL pada database. Bisa saja anda bisa menghapus komentar satu persatu atau per halaman (secara default satu halaman ada 20 komentar), namun bagaimana kalau jumlah komentar Spam sudah mencarai ribuan atau bahkan puluhan ribu? Cara delete Spam per komentar atau per halaman koemntar sudah tidak efektif lagi. Dibutuhkan cara cepat untuk hapus Spam secara massal.

Jika ingin hapus secara massal, berikut ini langkah-langkah yang harus anda ikuti untuk menghapus komentar Spam tersebut:

1) Pertama, login ke cPanel anda.

2) Setelah login, masuk ke bagian phpMyAdmin pada menu yang ada di dalam cPanel.

phpMyAdmin dari cPanel

3) Pilih database mana yang spam cooment-nya akan dihapus, sesuai dengan blog yang komentar spam-nya ingin dihapus. Jika lupa dengan nama databse-nya anda

Database dari wordpress website anda

4) Lanjutkan ke menu SQL.

5) Paste kode di bawah ini (dengan asumsi table MySQL dari comments bernama wp_comments).

DELETE from wp_comments WHERE comment_approved = 'spam';

Delete Spam Comments

6) Terkahir klik tombol Go.

Cukup mudah bukan? Sekarang anda bisa menghapus comment Spam dengan cara cepat tanpa harus delete satu per satu. Bagi yang terbiasa akses hosting via SSH, anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan command line pada linux. Contoh di bawah ini adalah cara menghapus cooment via SSH.

mysql -u user_mysql -p
use nama_database;
DELETE from wp_comments WHERE comment_approved = 'spam';

Sama mudahnya bukan dengan menggunakan cPanel. Dengan akses via SSH ini anda bisa melakukanya dengan lebih cepat karena akses via SSH tidak membutuhkan bandwidth yang besar jika dibandingkan dengan menggunakan cPanel.

Lewat apapun aksesnya (apakah via SSH atau cPanel), semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua dan bisa menjadi referensi ketika anda ingin menghapus comment SPAM secara massal. Selamat mencoba!

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

10 Comments on Hapus Spam Comment Secara Massal Pada WordPress (MySQL)

  1. Terima kasih banyak informasinya, jadi tahu cara hapus comment spam secara cepat dan cetar membahana 😀

  2. Terima kasih banyak atas infonya, sangat membantu sekali untuk hapus comment spam di website yang aku kelola. Lanjutkan tulis artikel yg bermanfaat ya!

  3. Terima kasih banyak atas informasinya gan, membantu sekali buat saya. Jadinya bisa hapus komentar spam pada blog wordpress dengan cepat dan mudah.

    Saya pakai cPanel di hostgator.

  4. Kalau misal metode ini dijadwal bisa gak mas? Misal setiap hari sekali otomatis hapus komentar SPAM.

    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*