Membuat Daftar File Dan Folder Pada Windows

Membuat Daftar File Dan Folder Pada Windows

Dalam suatu kasus, terkadang kita ingin mengambil atau membuat daftar file dan folder yang terdapat pada direktori tertentu. Namun sayangnya, Windows tidak menyediakan fasilitas tersebut.

Untuk membuat daftar file dan folder, Anda tentu akan capek jika harus menulisnya secara manual ke dalam notepad Anda. Untuk itu, ada satu trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya sehinggah anda dapat membat context menu untuk menghasilkan daftar file dan folder dari suatu folder. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama tama buat satu file batch. Ketikkan kode berikut pada notepad.

dir /a /-p /o:gen >filelisting.txt

2. Simpan file tersebut di C:\Windows\ dengan nama apa saja, tetapi dengan extensi .bat

3. Selanjutnya adalah membuat context menu. Caranya buka windows explorer, kemudian pilih menu Tools > Folder Options > tab File Types > pilih Folder > klik tombol Advanced > klik tombol New. Kemudian tulis text seperti pada gambar berikut ini. Dan tekan OK

Membuat Daftar File Dan Folder Pada Windows

4. Jika berhasil, maka Action yang baru saja Anda buat akan muncul. Seperti pada gambar dibawah ini

Membuat Daftar File Dan Folder Pada Windows

5. Selesai. Sekarang Anda dapat membuat daftar file dan folder dengan mudah. Caranya, klik kanan pada folder yang ingin anda buat daftar filenya maka akan muncul menu baru bernama “Bikin Daftar File”. Klik menu tersebut, dan sebuah file akan dihasilkan dalam bentuk txt.

Membuat Daftar File Dan Folder Pada Windows

Perlu di ingat, bahwa sepertinya trik ini hanya berjalan pada Windows XP

About Bahtiar 748 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*