Cara Melakukan Trace Email

Cara Melakukan Trace Email

E-mail saat ini sudah menjadi satu dari fasilitas yang paing banyak digunakan di Internet. Hampir setiap pengguna internet pasti memiliki alamat email yang digunakan untuk surat-menyurat dalam bentuk elektronik.

Email memang menawarkan banyak manfaat bagi kita. Dengan hardirnya fasilitas ini, kebutuhan untuk mengirim surat beserta file bisa lebih cepat bila dibandingkan dengna cara kirim surat konvensional.

Email memang bermanfaat, namun di lain sisi juga bisa berdampak negative jika disalah gunakan seperti menipu,pencemaran nama baik, dan sebagainya. Bukan lagi rahasia umum bahwa penyebaran email spam (email sampah) sudah semakin marak. Anda mungkin pernah mendapat email dari seseorang yang tidak anda kenal.

Email spam bisa sangat berbahaya bila Anda tidak berhati-hati. Mereka (pengirim email) bisa saja memperoleh informasi pribadi anda dengan memalsukan email merea misalnya menjadi email bank, dll.

Untuk mengatahui apakah email yang anda terima adalah asli dengan melakukan trae email, berikut ini adalah cara yang bisa anda coba. Disini saya asumsikan anda menggunakan Yahoo:

1. Login ke email dan masuk ke inbox, lalu buka email yang ingin anda periksa.

2. Kemudian klik menu “Action” dan pilih “View Full Header”

Cara Melakukan Trace Email

Maka akan muncul header dari email Anda.

Cara Melakukan Trace Email

 

3. Selanjutnya copy teks header tersebut. Dan buka alamat http://www.ip-adress.com/trace_email/ untuk melakukan trace.

4. Copykan header anda pada kolom yang disediakan di situs tersebut. Maka hasilnya akan terlihat. Anda akanmemperoleh data berupa lokasi, ip pengirim, dll.

Cara Melakukan Trace Email

Dengan tips ini, semoga kedepan anda bisa lebi berhati-hati terhadap setiap email yang masuk ke inbox anda agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

 

 

 

About Bahtiar 749 Articles
Bahtiar adalah seorang blogger dan admin TeknoSpots . Dia merupakan salah satu kontributor terbaik di website Tekno Gadget yang menulis banyak artikel mengenai tips dan trik seputar teknologi informasi.

2 Comments on Cara Melakukan Trace Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*