Anda pasti memiliki file-file penting yang tersimpan di flashdisk atau hardisk Anda. Bisa berpa gambar, video kenangan, data-data kantor, dan lain-lainnya.

Sesuatu yang penting tentu akan menyedihkan bila kehilangan. Tanpa ada sengaja, mungkin saja Anda pernah menghapus secara permanen file Anda. Atau anda memang sengaja menghapusnya secara permanen namun karena suatu hal Anda memerlukan file tersebut kembali.

Mengembalikan File Yang telah Terhapus Permanen

Jangan berkecil hati, ada masih dapat mengembalikan file tersebut kembali dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama WinUtilities Undelete.

Aplikasi ringan ini berfungsi untuk mengundelete file yang telah terhapus secara permanen. Apikasi ini walaupun diberikans ecara gratis, namun ketangguhannya cukup mampu mengembalikan beberapa file yang telah terhapus dan juga tidak hanya dapat dijalankan uncover file di hardisk saja, tetapi juga pada media storage seperti flashdisk.

Untuk mendapatkan aplikasinya Anda bisa mengunduh di:

http://www.ylcomputing.com/download/freeware/freeundeleteinstall.exe

Setelah itu Anda install di computer Anda (proses sangat cepat dan mudah).

Untuk interface nya, lebih mudah dimengerti disbanding software sejenis lainnya. Di bagian kiri, Anda dapat memilih media penyimpanan yang ingin Anda cari file yang sudah terhapus, dan pada bagian kanan, adalah file-file yang dapat di-undelete yang terdapat pada media penyimpanan tersebut.

Mengembalikan File Yang telah Terhapus Permanen

 

Yang perlu di catat, bahwa aplikasi seperti tidak sepenuhnya dapat mengembalikan semua file yang telah terhapus. Untuk beberapa file yang memang tidak bisa diselamatkan, aplikasi ini bukanlah solusinya. Namun setidaknya dapat menjadi penolong sewaktu Anda benar-benar membutuhkan file yang telah anda hapus permanen.