Komponen-komponen hardware yang terpasang di komputer hampir seluruhnya membutuhkan driver agar dapat dikenali oleh system operasi. Sebagian driver akan langsung dapat dikenali namun sebagian driver juga bisa tidak dikenal.

Satu hal yang menjadi masalah dikemudian hari jika sewaktu-waktu Anda menginstall ulang system operasi Anda namun CD driver komputer Anda sudah hilang atau rusak. Anda mungkin akan bingung untuk mencari driver tersebut apalagi jika Anda tidak dapat mendeteksi tipe/model hardware apa yang terpasang pada komputer Anda.

Dalam kesempatan ini penulis akan berikan informasi bagaimana mencari driver yang belum terinstall di komputer Anda. Dan dalam artikel ini penulis menggunakan OS Windows 7.

Ikuti langkah berikut ini:

1. Setelah penginstalan OS selesai , masuk ke Computer , klik kanan dan pilih Properties dan klik Device Manager

2. Perhatikan pada daftar hardware yang muncul. Bila terdapat tanda seru, berarti driver hardware tersebut belum terinstall.

Mencari Driver Hardware Yang Tak Terdeteksi

3. Klik kanan pada icon dengna gambar tanda seru, lalu pilih Properties. Kemudian masuk ke tab Details dan pada Property pilih Hardware ids, maka akan muncul kode hardwarenya seperti pada gambar berikut

Mencari Driver Hardware Yang Tak Terdeteksi

 

4. Klik kanan pada kode yang paling atas atau lalu klik Copy

5. Kunjungi devid.info , pada kolom search pastekan kode yang sudah di copy tadi alu klik search

6.  Setelah itu akan muncul daftar driver yang cocok, Anda tinggal mendownload dan menginstallnya dengan begitu hardware tersebut sudah bisa berfungsi sebagaimana mestiya.

Nah, itu dia cara mudah mencari driver hardware yangisa Anda coba.

Semoga artikel ini  bermanfaat, selamat mencoba !