List Directory Linux Dengan Menampilkan Size dalam MB

Perintah Linux untuk melihat kapasitas Directory

Sewaktu menangani server ada teman yang bertanya kepada saya. Setiap kita melakukan perintas ls di Linux (kalau di Windows itu perintah dir) kita melihat daftar file dan folder dalam bentuk bytes, bukan MB atau GB. Bagaimana caranya agar kita bisa melihat kapasitas file tersebut dalam MB atau GB?

ls -lh

Jawabannya cukup mudah, hanya dengan menambahkan opsi -lh anda bisa mengetahui kapasitas file dan folder dari sebuah sytem Linux sehingga anda tidak perlu lagi menghitung banyak angka dari format bytes dan mengkonversinya di otak ke bentuk MB atau GB.

Perintah Linux untuk melihat kapasitas Directory

Contoh konkritnya bisa anda lihat pada ganbar di atas. Cukup mudah bukan? Meskipun sepele, ada saja orang yang belum memahami perintah ini.

PS: Penulis sendiri dulu juga meminta bantuan Google sebelum tahu opsi -lh dari perintah ls. Karena setelah membaca help dari perintah ls sendiri masih kurang faham bagaimana caranya, maka mencari bantuan ke Google.

Semoga artikel yang singkat ini bermanfaat untuk anda.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*