Tips Memilih dan Membeli Handphone

Merek HandPhone dan Ponsel

Siapa yang di jaman seperti ini tidak punya handphone? Mayoritas penduduk Indonesi bahkan dunia mempunyainya. Bahkan ada yang memiliki lebih dari satu. Handphone memang sarana komunikasi yang paling praktis dan diminati banyak orang. Fiturnya yang semakin hari semakin canggih menjadikan gadget ini yang paling laris dan paling laku di dunia.

Tips membeli handphone dan ponsel

Karena semakin banyaknya produsen handphone di dunia, semakin banyak pula pilihan yang ditawarkan kepada pelanggan. Mulai dari fitur, model, dan juga harga semuanya saling bersaing. Jika anda ingin membeli handphone, bacalah tips memilih handphone di bawah ini supaya anda tidak menyesal nantinya.

1. Perhatikan Budget Anda

Hal yang paling penting dalam membeli handphone adalah dengan berkonsultasi pada dompet anda. Ingat pepatah ada uang ada barang. Ini juga berlaku ketika anda ingin membeli sebuah handphone. Tidak perlu ragu untuk mondar – mandir di berbagai toko hanya karena ingin membandingkan harga. Carilah yang sesuai dengan kantong anda. Jangan biarkan dompet anda meringis kesakitan.

2. Fungsi dari Handphone

Apa tujuan anda membeli handphone? Untuk bermain game, untuk belajar ngoprek, untuk sosialita, atau sekedar untuk sms dan telepon? Belilah handphone yang sesuai untuk anda. Misalnya anda adalah seorang gamer sejati, anda bisa mencoba membeli i-Phone. Anda yang hobi ngoprek software, maka Android adalah salah satu partner anda. Jika anda adalah seorang sosialita yang selalu eksis di dunia maya, mungkin Blackberry dengan fitur BBM nya cocok menjadi pilihan anda. Kalau anda butuh handphone hanya untuk telepon dan sms, maka tidak ada salahnya membeli Nokia 3315.

Fitur SMS, BBM, Internet dan Aplikasi pada HandPhone

3. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Kembali ke point nomor 1 di atas, ada uang ada barang. Memang tidak selamanya barang murah itu murahan, akan tetapi jangan langsung tergiur dengan harga. Begitu juga dengan diskon besar – besaran. Belum tentu barang yang mereka jual kualitasnya bagus. Malah mungkin saja malah lebih buruk.

4. Banyak Mencari Informasi

Ini penting sekali untuk menghindari anda dari proses penipuan. Ada beberapa oknum pedagang yang mencari untung lebih besar dengan cara menipu. Misalnya handphone dengan harga 800 ribu dijual dengan harga 1 juta dengan bonus chasing atau semacamnya. Ini tentu saja akan sangat merugikan anda. Cobalah membeli di toko yang memang sudah terkenal dan memiliki review yang bagus.

5. Perhatikan Kelengkapan Handphone

Ini yang biasanya sering luput dari perhatian pembeli. Kadang pembeli jarang mengecek barang – barang pelengkap seperti charger, headset, kabel data, dan CD Driver. Memang jika anda membeli barang balu (bukan barang second) biasanya semua lengkap masih di dalam box. Namun tidak ada salahnya melakukan pengecekan ulang pada tiap komponen. Semisal apakah charger nya berfungsi, apakah headsetnya mengeluarkan suara, da sebagainya.

Merek HandPhone dan Ponsel

6. Jangan Terpaku Hanya Pada Satu Merek

Ada beberapa orang yang berpikiran seperti ini “Ah, aku kalau nggak Nokia nggak mau beli HP!”. Ini adalah pikiran yang keliru. Ingat bahwa banyak sekali produsen handphone di luar sana, tidak hanya satu merk tunggal dan mereka memiliki kualitas yang hampir setara. Lagi – lagi perhatikan kebutuhan anda sebelum menentukan ingin membeli handphone seperti apa.

Itulah beberapa tips untuk memilih dan membeli handphone. Anda boleh setuju, boleh juga tidak. Memang pilihan terakhir ada di tangan anda, namun bijaksanalah dalam memilih dan membeli supaya anda tidak menyesal akhirnya.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*