Apakah Windows Phone Itu? Dan Apa Fungsinya? (Khusus Pemula)

Pengertian Windows Phone

Mendengar kata Windows phone, tentu saja anda akan langsung teringat dengan salah satu raksasa komputer dunia yaitu Microsoft. Ya  memang Microsoft lah yg menciptakan Sistem Operasi untuk perangkat smartphone yang digadang-gadang untuk menjadi pesain Android dan Iphone ataupun Blackberry yang telah menguasai pasar smartphone dunia selama beberapa tahun terakhir ini.

Windows Phone OS

Sistem operasi yang hadir untuk menggantikan Windows Mobile ini diluncurkan pada oktober 2010 lalu untuk pasaran Amerika dan baru pada awal 2011 diluncurkan untuk pasaran Asia. Dengan mengusung Modern Style UI sebagai user interfacenya microsoft ingin menyuguhkan pengalaman yang berbeda dari sistem operasi yang sebelumnya mereka ciptakan agar dapat menigkatkan produktifitas pekerjaan penggunanya.

Nokia yang diwakili CEOnya, Stephen Elop melakukan pertemuan dengan Steve ballmer selaku CEO Microsoft melakukan pertemuan di London pada tanggal 11 februari di London guna membahas kesepakatan kerjasama Bundling Nokia dengan Sistem Windows Phone. Dengan hadirnya sistem operasi besutan Perusahan yang didirikan Bill Gates ini maka Sistem operasi utama Nokia berganti dari Symbian menjadi Windows Phone, serta mereka menyianyiakan proyek Mee-Go mereka yang dulunya  akan digunakan sebagai amunisi mereka.

Windows Phone

Sistem operasi besutan Microsoft ini menggunkan kernel Monolitik atau windows CE (windows phone 7) dan kernel Hybrid atau windows NT (windows phone 8), yang mana kernel Hybrid ini adalah kernel sama dengan yang dipakai untuk Windows 8, dan dalam beberapa kesempatan yang lalu salah satu petinggi Microsoft mengatakan nantinya aplikasi yang diciptakan untuk windows 8 akan bisa dijalankan pula di windos phone 8.

Dengan bermodalkan Layar Touch Capacitive WVGA dengan minimal resolusi 480×800, lalu prosesor ARM v7 atau Snapdragon QSD8X50 atau prosesor yang setara, RAM 256MB, sebenarnya anda sudah bisa menginstall sistem operasi ini di ponsel pintar anda. Tengok saja jajaran amunisi-amunisi terbaru Nokia yang berembel-embelkan Lumia, tentu saja akan menjadi gadget yang sangat berguna untuk membantu kegiatan sehari-hari anda mulai dari Maps, Kamera dengan Geo-Tagging, Koneksi HSDPA, dll. Dan satu lagi, anda sepertinya harus ekstra menabung untuk sekedar bisa merasakan kecanggihan Windows Phone ini. Karena seperti yang kita tahu harga yang dipatok produsen ponsel asal Finlandia untuk jajaran produk Lumia itu begitu Mahal.

Seperti halnya Android dengan Google Play, iPhone dengan Aple Store, serta Blackberry dengan Appworld-nya, tidak mau kalah dengan Sistem Operasi  lain Windows Phone juga memiliki Marketnya sendiri yang diberi nama Windows Market. Didalamnya tersedia ribuan aplikasi yan bisa didownload secara gratis maupun yang berbayar, mulai dari game Angry bird sampai pemutar mp3 macam winamp.

Pengertian Windows Phone

Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa Nokia bekerjasama dengan Microsoft untuk bundling smartphone Lumnia mereka. Jadi ya wajar lah harga untuk satu buah ponsel pintar besutan Finlandia ini dipatok tidak terlalu terjangkau untuk kantong anak-anak muda, karena seperti yang kita tahu sejak dulu jika Sistem Operasi buatan Microft ini bukan open source seperti Android jadi harganya jauh lebih mahal daripada ponsel Android.

Tapi tentu saja anda tidak akan kecewa telah membayar lebih untuk satu buah perangkat Lumnia yang anda beli dari Daeler Nokia karena banyak pengguna Android yang beralih menggunakan Windows Phone merasa kinerja sistem operasi ini jauh lebih unggul daripada Android, baik dari dari sisi penggunaan memory maupun suber daya battery.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

10 Comments on Apakah Windows Phone Itu? Dan Apa Fungsinya? (Khusus Pemula)

  1. Windows phone 7.5 atau sering disebut Mango adalah update sistem operasi buatan Microsoft yang ditujukan untuk smartphone. Saat ini pamor os Windows phone 7.5 belum terlalu terdengar dibandingkan dengan Android, iOS, ataupun Blackberry. Namun semakin banyak vendor smartphone yang menggunakan platform microsoft ini seperti Nokia (Lumia 710, Lumia 800), HTC dengan HTC Radar dan masih banyak lagi.

  2. webOS adalah sistem operasi mobile yang berbasis Linux , awalnya dikembangkan oleh Palm , yang kemudian diakuisisi oleh HP. Perangkat lunak ini diperkenalkan oleh Palm pada bulan Januari 2009 sebagai penerus warisan Palm OS , dan secara luas diakui pada pembukaan untuk integrasi dari Web 2.0 teknologi, arsitektur terbuka, kemampuan multitasking, dan kemudahan penggunaan. Perangkat pertama yang memanfaatkan webOS adalah asli Palm Pra , yang dirilis pada Sprint pada Juni 2009. Sistem operasi menjadi salah satu yang pertama untuk secara luas memanfaatkan over-the-air pembaruan perangkat lunak untuk semua perangkat.

  3. Aku pegang lumia 520 windows 8 udah 3 bulan,belum bisa memaksimalkan pemakaian,masa cih aplikasinya banyak yg boongan,mau di tinggal konsumennya ap yah,beralih ke android,tolong di bantu,untuk vlc player n tema,bikin kecewa n putus asa otak atik hp lumia 520,

  4. Dimana yg bisa bantu aku…,dalam pemakaiaan,pengen Tv online adult nih gan…,android simple bgt,smart phone lumia 520 mana coba

  5. Ahh, percuma pkek nokia lumia520, banyak kekurangannya gan. Sumpah jangan coba coba nokia lumia 520, sukup aku saja yang merasakannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*