Tips Memilih Tablet Android yang Tepat Untuk Anda

Saat ini teknologi tablet sudah tidak asing lagi bagi kita. Berbagai varian dan merk membanjiri pasar Indonesia, yang membuat kita sebagai konsumen memiliki banyak sekali opsi apabila ingin memilikinya. Selain merk dan jenis, fitur utama dalam sebuah tablet yaitu sistem operasi juga semakin berkembang. Namun dari banyaknya sistem operasi, Android adalah yang paling digemari.

Si hijau mungil ini juga berkembang dengan pesat. Mulai dari Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwitch, hingga yang terbaru Jelly Bean.Sebelum memilih tablet android yang tepat untuk anda, bacalah beberapa tips di bawah ini supaya anda tidak menyesal karena salah membeli.

Merk

Memang dengan banyaknya produsen tablet saat ini, menambah opsi kita untuk membeli. Namun perhatikan apa merk dari tablet yang ingin anda beli. Membeli merk terkenal akan memberi kita beberapa keuntungan tersendiri daripada hanya membeli barang yang masih belum jelas.

1) Lokasi Service Center.

Merk yang terkenal biasanya memiliki service center yang tersebar luas. Dengan banyaknya service center ini, apabila ada kerusakan pada tablet anda maka anda akan dengan mudah memperbaikinya. Selain itu dukungan spare part juga terjamin.

2) Harga Jual Kembali.

Tidak dipungkiri bahwa merk terkenal memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi dibandingkan dengan merk yang tidak banyak diketahui oleh orang. Jadikan ini salah satu alternatif membeli tablet untuk anda.

3) Dukungan Aksesoris

Biasanya toko aksesoris menjual barang untuk merk – merk terkenal. Aksesoris seperti screen guard, dompet, handsfree, dan charger untuk merk terkenal banyak tersebar dan tersedia di toko – toko aksesoris. Untuk itu membeli tablet dengan merk terkenal akan memberikan anda akses yang lebih mudah untuk mendapatkan berbagai macam aksesoris pendukung.

Operating System

Pilih tablet Andriod dekan dukungan sistem operasi yang tepat. Biasanya untuk saat ini tablet Android mengusung Sistem Operasi versi 2.3 ( Gingerbread ). Pastikan ketika anda membeli Sistem Operasi yang terpasang adalah sama dengan versi standar tablet. Namun untuk saat ini lebih disarankan anda membeli tablet dengan Sistem Operasi Android versi 4.1 (Ice Cream Sandwitch) ke atas karena performanya yang lebih optimal.

Ukuran

Pastikan memilih Tablet Android dengan ukuran yang cocok untuk anda. Ada berbagai macam variasi ukuran. Yang paling banyak di pasaran adalah ukuran 10.1” dan 7”. Pilih mana yang lebih cocok untuk anda. Pastikan juga kenyamanan tablet ketika digenggam. Untuk hal seperti ini, pilihan kemabali kepada selera masing – masing user.

Kecepatan Prosesor

Prosesor bagi tablet ibarat otak manusia. Semakin tinggi clock yang dimiliki prosesor, maka akan semakin cepat dan stabil kinerjanya. Disarankan anda membeli tablet dengan prosesor clock di atas 600 Mhz. Namun untuk saat ini yang sedang terkenal adalah proseseor dengan clock 1.2 Ghz dual prosesor atau 1.4 Ghz dual prosesor. Anda tidak ingin tablet anda terlihat lemot bukan?

RAM

RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah hardware yang berfungsi sebagai media penyimpanan secara sementara ketika aplikasi sedang di jalankan. Jadi secara sederhana, RAM dengan kapasitas besar akan mampu melakukan eksekusi aplikasi dengan kebutuhan memori yang besar. Selain itu dengan RAM yang berkapasitas besar, kita juga bisa melakukan multitasking tanpa membuat tablet terlihat lemot atau lambat. Saat ini disarankan anda membeli tablet dengan dukungan RAM 1GB atau lebih, karena aplikasi – aplikasi high-end lebih banyak memakan RAM.

About Ahmad Sukses 84 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*