Tips Membeli HP Second

Gadget dan HandPhone Bekas

Kadangkala karena keterbatasan dana maka kita dihadapkan untuk membeli HP second / bekas. Memang dengan menjamurnya konter-konter HP di Indonesia, pilihan berbagai macam jenis HP pun juga semakin variatif. Namun sebelum membeli HP second, ada baiknya anda berhati – hati. Berikut ini adalah beberapa tips membeli HP second.

Gadget  dan HandPhone Bekas

Dana

Ya betul, dana adalah masalah utama dan yang terpenting sebelum anda memilih HP. Alasan terbanyak orang lebih memilih HP bekas adalah karena dana terbatas namun menginginkan fitur yang canggih. Untuk itu sebelum membeli ada baiknya anda mengkonsultasikan masalah ini dengan dompet anda. Jangan sampai harga HP melebihi budget yang anda rencanakan.

Garansi HP

Sebelum membeli HP, pastikan apakah HP tersebut masih bergaransi atau tidak. HP second yang bergaransi biasanya dijual belum ada setahun dari tangan pemilik pertama. Ada baiknya anda memilih HP yang bergaransi karena keaslian produk lebih dijamin. Namun memang harganya sedikit lebih mahal.

Jika memang anda terpaksa memilih yang tidak bergaransi, maka pastikanlah kelengkapan pendukungnya. Misalnya box HP, charger, handsfree, CD, buku manual, dan sebagainya. Ini untuk menjaga agar HP yang anda beli bukanlah barang curian.

Nomor IMEI

Pastikan untuk selalu mencocokkan nomor IMEI di HP (biasanya terletak di bagian belakang) dengan nomor IMEI dalam program HP, dan juga pada dosbox. Jika semuanya cocok, maka HP yang anda beli memang sudah sepaket. Ini akan lebih memudahkan anda jika ada apa – apa nantinya.

Jangan Beli Barang Black Market (BM)

Barang Black Market (BM) tidak memiliki garansi resmi. Terkadang juga barang seperti ini adalah barang bajakan. Misalnya HP Nokia namun dengan software China. HP seperti ini selain harganya turun jika dijual kembali, juga akan lebih rentan dengan kerusakan.

Cek Kondisi Fisik HP

Periksa apakah HP yang akan anda beli masih dalam kondisi baik. Periksa layar LCD, chasing, keypad, dan juga cek semua menu dalam HP apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, semisal bluetooth, infrared, ringtone. Cek juga keaslian dari masing – masing komponen, misalnya LCD nya masih asli atau tidak, chasingnya masih asli atau tidak, dan sebagainya. HP dengan kondisi baik dan masih orisinil biasanya lebih mahal harganya.

Cek Sinyal

Beberapa HP second terkadang memiliki masalah pada bagian penerima sinyal. Cek kondisi ini terlebih dahulu, apakah HP yang anda beli masih bisa menangkap sinyal dengan baik atau tidak. Jika memang sinyal bar sudah penuh, coba untuk menelepon dan SMS. Apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Memang nampaknya ini hal sepele, namun akan menjadi masalah serius jika anda tidak memperhatikannya dengan baik.

Batteray

Biasanya batteray pada HP bekas adalah batteray lama dengan daya hidup (life time) lebih pendek. Untuk mengecek kekuatan batteray anda, cobalah dengan melakukan panggilan bebas pulsa. Lihat apakah batteray drop atau masih stabil. Jika memang batteray sudah drop, maka anda bisa meminta kepada penjualnya untuk mengganti dengan batteray baru.

Charger

Cek charger HP yang ingin anda beli. Pastikan bahwa chargernya orisinal. Charger yang orisinal biasanya lebih cepat untuk mengisi baterai dibandingkan dengan yang palsu. Yang orisinal biasanya juga berbobot lebih berat dan memiliki kabel yang lebih panjang.

Spare Part

Ini bagian terpenting yang terkadang sering luput dari pandangan mata kita. Sebelum memilih dan membeli HandPhone bekas, pastikan bahwa barang tersebut memiliki suku cadang dan aksesoris yang mudah di cari. Jangan membeli HP yang sangat susah mencari suku cadanganya. Pilih juga merk yang memilik jaringan servis yang banyak tersedia. Ini untuk memudahkan anda jika terjadi sesuatu pada HP anda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda sehingga anda bisa memilih mana yang terbaik untuk kehidupan anda sehar-hari.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*