Cara Mudah Merawat Baterai HP

Merawat Batterai

Handphone atau yang sering kita sebut Hp tidak bisa dipungkiri memang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Banyak kegunaan dari handphone itu sendiri, mulai dari manfaat dasar seperti untuk menelpon, sms, dan sekarang banyak lagi fitur yang bisa dijalankan lewat Hp seperti layanan internet, beragam games, dan mendengarkan musik.

Merawat Baterai HandPhone dan Ponsel

Dan di kesempatan kali ini akan membahas tentang bagaimana merawat baterai sebagai sumber tenaga handphone itu sendiri. Untuk itu, di bawah ini akan ada beberapa tips untuk anda agar baterai HP anda tetap awet, diantaranya:

1) Jangan sampai HP mati

Ini adalah poin terpenting bagi anda dalam merawat baterai HP. Jangan biarkan HP anda mati jika baterai terlihat akan habis. Sesegera mungkin colokan HP anda untuk me-recharge kembali jika baterai sudah berwarna merah atau low. Menunggu sampe HP mati, selain membuat baterai HP cepat habis, juga tidak baik untuk perangkat lunak HP itu sendiri.

2) Matikan HP ditempat sinyal terbatas.

jika anda berada di tempat yang agak terpencil dan sinyal dari provider anda di tempat itu terbatas, maka lebih baik anda me-nonaktif-kan HP anda. Di tempat yang sulit terdapat sinyal, akan membuat HP anda bekerja lebih keras untuk menggapai sinyal yang naik turun tesebut. Sehingga baterai akan mengeluarkan daya yang lebih besar untuk meraihnya.

Merawat Baterai Ponsel

3) Charge HP anda ketika baru dibeli

Ketika anda baru saja membeli HP, maka diharuskan anda untuk langsung me-recharge HP anda sampe penuh. Dianjurkan butuh waktu untuk me-recharge HP anda antara 6 sampai 8 jam dalam kondisi HP mati. Setelah itu, gunakan seperti biasa hingga baterai akan habis baru anda charge lagi dengan durasi waktu yang sama. Ulangi 2 sampai 3 kali.

4) Jangan terlalu boros.

Hindari pemakaian yang terlalu sering dan berlebihan. Jangan terus menerus anda gunakan HP anda untuk games atau memainkan musik. Baterai anda akan cepat habis, dan apabila anda menggunakan HP anda dalam posisi penuh dan kemudian habis seketika dalam sekali waktu untuk bermain games misalnya, baterai anda akan cepat rusak.

Merawat Batterai

5) Minimalkan penggunaan pada saat pengisian

Pada saat anda mengisi kembali baterai anda, anda harus meminimalkan penggunaan HP anda sebisa mungkin. Akan lebih baik jika anda me-nonaktif-kan HP anda atau dalam kondisi mati. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi baterai cepat panans karena arus yang masuk pada saat pengisian harus dibarengi juga dengan arus yang keluar ketika digunakan.

6) Isi kembali baterai anda ketika akan habis dan hentikan pengisian jika terlihat sudah penuh. Sebagai perawatan dan pencegahan, minimalkan pengisian pada saa baterai belum habis. Begitu juga saat pengisian, jangan cabut charger ketika baterai belum penuh.

7) Hindari nada dering yang terlalu keras dan penggunaannya yang berbarengan dengan mode getar. Pilihlah salah satu mode sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan yang bersamaan akan menambah daya guna dari baterai tersebut. Selain itu, kurangi juga tingkat kecerahan dari layar HP anda.

8) Matikan fitur yang tidak dipakai

Ketika tidak terlalu digunakan, seggera saja anda tutup fitur yang kiranya tidak lagi digunakan seperti Bluetooth, infrared, atau mp3 music. Jangan sering-sering anda me-minimize fitur yang tidak digunakan karena daya baterai akan tetap berkurang.

Demikian beberapa tips agar baterai HP awet dan bertahan lebih lama, semoga bermanfaat.

About Ahmad Sukses 83 Articles
Seorang blogger baru yang mendedikasikan dirinya untuk fokus pada penyusunan artikel dengan tema teknologi, yang juga memiliki beberapa blog pribadi. Tujuan hidupnya adalah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, terutama orang yang dicintai dan dikasihi. Motto hidupnya adalah 'Everyday try to make better in my life!'.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*