Modem sebagai sarana penghubung ke internet setidaknya harus tetap berada pada sinyal yang prima demi mendapatkan koneksi yang cepat dan jauh dari kata lelet atau lemot. Saat ini tidak semua modem menawarkan koneksi yang cepat dan cara kerja yang maksimal apalagi untuk modem dengan jumlah pengguna terbanyak dan pada daerah yang padat penduduk seperti di perkotaan besar. Mungkin Anda pernah mengalami, koneksi yang amat lambat ketika mendownload lagu, film maupun file lainnya. Modem yang semula bekerja secepat kilat justru berubah menjadi sangat lambat dan lemot, tentu hal ini sangat menjengkelkan bukan?

modem

Sebagai pengetahuan tambahan sebelum tips dan trik menstabilkan sinyal modem diulas, berikut adalah beberapa indikator warna lampu pada beberapa jenis modem yang menunjukkan kerja cepat modem berdasarkan network.

  1. Modem HSDPA ditandai dengan warna biru (kuat)
  2. Modem CDMA / 3G / UMTS ditandai dengan warna biru laut (sedang)
  3. SDGE / CDMA ditandai dengan warna hijau muda (lemah)

Warna sinyal modem akan berubah ketika Anda berada semakin jauh dari tower sinyal, jangan heran jika warna lampu modem Anda akan berubah-ubah dan kecepatannya tidak stabil, terkadang lemah dan terkadang juga sangat cepat. Untuk tetap menstabilkan kecepatan modem Anda, berikut tips dan trik menstabilkan sinyal modem:

  1. Pilih menu Tools lalu Options pada aplikasi modem Anda
  2. Pilih menu Network pada halaman form di modem Anda
  3. Pada menu Network ini ubahlah jaringan atau typenya menjadi HSDPA only, 3G only atau WCDMA only lalu klik OK.
  4. Jika settingan ini berhasil maka Anda akan melihat perubahan pada laman awal modem terutama pada type sinyalnya.
  5. Sebagai catatan, setiap jenis modem memiliki settingan sendiri-sendiri, jadi cobalah untuk menemukan settingan tersebut meskipun pada dasarnya langkah diatas bisa digunakan untuk semua jenis modem hanya saja pada beberapa modem memiliki nama aplikasi yang berbeda.

Selain langkah diatas, untuk memperkuat sinyal modem Anda bisa menggunakan beberapa benda seperti halnya kaleng bekas susu, wajan bekas penggorengan, sendok ataupun benda logam peralatan dapur, kaleng biskuit, kaset CD tidak terpakai atau bekas, kawat logam dan benda logam tipis lainnya dengan cara mendekatkan benda-banda tersebut di dekat modem Anda saat menggunakan modem. Cara ini setidaknya akan menambah kecepatan download modem Anda. Jika benda-benda ini belum berhasil menguatkan sinyal modem Anda, cobalah untuk membeli kabel atau antena penguat sinyal modem sebagai langkah cepat mendapatkan sinyal modem yang tidak biasa alias cepat. Demikian tips dan trik menstabilkan sinyal modem, semoga bermanfaat.