Tips Agar Flashdisk Tidak Mudah Rusak

flashdisk

flashdiskSebagai media penyimpanan portabel, saat ini flashdisk sangat dibutuhkan khususnya sebagai media penyimpanan data eksternal untuk data-data yang ada pada komputer maupun laptop Anda. Tidak diragukan lagi jika flashdisk erat kaitannya dengan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Desain yang simpel dan kapasitas yang besar membuat banyak orang lebih memilih menggunakan flashdisk dibandingkan media penyimpan eksternal lainnya. Selain itu, kesederhanaan flashdisk juga menjadi daya tarik tersendiri karena mudah dibawa kemana-mana serta praktis.

Tips agar flashdisk tidak mudah rusak dan tetap awet setidaknya Anda harus sangat berhati-hati dalam menancapkan flashdisk Anda disembarang komputer. Flashdisk sangat rentan terhadap virus, dan flashdisk juga mampu menularkan virus bahkan virus paling berbahaya pada komputer sehingga menimbulkan kerusakan yang fatal yang mengharuskan Anda menginstall ulang komputer Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar flashdisk tidak mudah rusak dan selalu dalam performa baik:

  1. Hindarkan meletakkan flashdisk pada tempat yang memiliki medan magnet tinggi seperti halnya speaker aktif pada komputer karena hal ini bisa saja mengganggu data yang ada di flashdisk.
  2. Simpanlah flashdisk pada tempat yang kering dan bersih, hindarkan flashdisk dari air maupun debu yang berlebih karena hal ini akan mempengaruhi kerja penyimpanan data pada flashdisk.
  3. Lakukanlah scan setiap mentransfer data atau menerima transfer dari komputer lain untuk menghindari serangan virus.
  4. Selalu jaga flashdisk Anda cobalah untuk tidak menjatuhkannya pada benda yang keras atau juga terjatuhi benda keras agar data yang ada di dalamnya tidak mudah rusak begitupun dengan fitur atau komponen pada perangkat flashdisk.
  5. Lakukan backup data pada flashdisk setidaknya 2 hari sekali atau setiap selesai transfer data agar data yang ada tetap aman dan tidak hilang.
  6. Eject flashdisk ketika hendak dicabut dari komputer atau laptop.
  7. Hindari menformat flashdisk terlalu sering karena hal ini akan mengurangi batasan hapus dan juga tulis pada flashdisk yang menyebabkan cepatnya kerusakan flashdisk.
  8. Jika memilih flashdisk baru, cobalah pilih flashdisk yang memiliki tutup dan badan flashdisk agar tidak mudah rusak ataupun mudah kotor karena debu maupun hal lainnya. Jaga selalu tutup flashdisk agar tidak hilang dan jauh dari badan flashdisk sehingga flashdisk Anda tetap aman dan awet.
  9. Sesekali lakukan defrag pada flashdisk seperti halnya Anda mendefrag hardisk pada komputer dengan tujuan merapikan susunan file data Anda.

Setidaknya cara di atas cukup mudah untuk Anda lakukan agar flashdisk tidak mudah rusak. Selamat mencoba dan semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*