Tips Memperbaiki File Ms Word yang Rusak atau Corrupt

File-MS-Word

Microsoft Word merupakan aplikasi pengelola kata dalam komputer yang sangat bermanfaat dan banyak dibutuhkan. Begitu banyak kalangan yang berkepentingan dengan office satu ini baik dari pegawai kantoran, lembaga pendidikan hingga lembaga-lembaga lainnya. Dengan aplikasi Ms Word bisa dipastikan setiap orang akan lebih mudah dalam menyimpan data dan catatan-catatan penting lainnya.

Berkembangnya teknologi komputer dan perangkatnya, aplikasi Ms Word tidak hanya bisa diinstall pada PC komputer saja tetapi juga bisa pula diakses ke ponsel seluler, gadget, ipad maupun iphone. Semakin banyak gadget yang bisa diinstall aplikasi Ms Word, maka semakin banyak pula halangan ataupun masalah yanga ada pada Ms Word seperti halnya file Word yang rusak ataupun corrupt.

File-MS-Word

Rusaknya file Word pada komputer ataupun data Anda tentu akan membuat Anda marah dan kecewa, belum lagi jika data tersebut tidak memiliki copyannya. Untuk menyimpan data Ms Word secara baik dan aman tentu memerlukan aplikasi Office sebagai media penyimpanan data. Selain sebagai penyimpanan data Word yang tepat dan aman, Office juga merupakan media penyimpanan untuk Word maupun Excel sehingga bisa dibaca oleh komputer.

Office berperan penting dalam penyimpanan data Word, jika Word mengalami kerusakan hal ini justru akan sangat mengecewakan, apalagi jika data yang diperlukan pada saat yang sangat dibutuhkan, mendadak, dan memiliki tingkat kepentingan yang sangat penting. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika data kuliah Anda, data pekerjaan kantor Anda, data laporan catatan-catatan penting di dalam komputer Anda rusak atau tidak bisa dibaca di saat Anda sangat membutuhkannya. Jika Anda mengalami masalah ini, berikut merupakan tips memperbaiki file Ms Word yang rusak atau corrupt yang bisa Anda coba:

  1. Jalankan aplikasi Ms Word
  2. Tekan shortcut yakni Ctrl -> O (hal ini dilakukan untuk membuka Ms Word yang Anda inginkan)
  3. Lakukan klik pada dokumen Ms Word yang sedang rusak ataupun corrupt
  4. Klik kanan tanda panah pada button open yang berada paling bawah di sebelah pojok kanan
  5. Pilihlah menu Open dan Repair untuk memperbaiki data atau file Word Anda

Cara seperti di atas setidaknya akan membantu Anda dalam memperbaiki file atau data Word Anda yang rusak di komputer dan mencoba membuka kembali file atau data Word Anda. Namun cara ini untuk data yang rusak tidak karena lupa belum menyimpannya, data yang memang telah dihapus dan data disimpan bukan pada office. Lakukan cara ini untuk data Anda yang rusak dan tidak bisa dibaca, jika cara ini masih gagal lakukan lagi, selamat mencoba.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*