Komputer saat ini telah menjadi bagian hidup dari beberapa kalangan, hampir semua instansi di masyarakat dan juga hampir semua cendekiawan memerlukan komputer untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari begitu juga sebagai perangkat dalam berkomunikasi dan mengakses informasi dari berbagai belahan dunia. Komputer bukan hanya sebagai media penyimpanan data tetapi juga sebagai perangkat untuk memudahkan manusia mengekspresikan karya-karya terbaiknya mulai dari animasi, mengolah kata dan mengolah angka.

Pada komputer tentu memiliki yang namanya RAM (Random Access Memory) yakni merupakan sebuah tempat sebagai penyimpanan berbagai macam jenis data. Dalam sebuah sistem operasi pada komputer biasanya RAM bekerjasama dengan yang namanya hardisk. Karena berperan sebagai buffer untuk semua aplikasi yang Anda jalankan pada komputer, hal ini akan mempengaruhi bagaimana kerja dari hardisk komputer ataupun laptop Anda.

RAM-pada-CPU-komputer

Semakin banyak buffer yang tersimpan di dalam hardisk maka kemungkinan besar komputer ataupun lapotop Anda menjadi semain lambat, padahal buffer membutuhkan akses berulang-ulang dan cepat. Jadi menjaga RAM pada CPU komputer agar tetap awet perlu dilakukan, termasuk dengan menjaga hardisk maupun penyimpanan buffer. Tips yang bisa Anda jalankan dalam menjaga RAM pada CPU komputer agar tetap awet adalah:

  1. Siapkan penghapus kertas
  2. Siapkan pula kuas dengan bulu yang halus dan pastikan bersih
  3. Cabutlah kabel power dari STEKER
  4. Cabut RAM (DDR/SDR) dari PC Anda
  5. Bersihkan benk RAM atau tempat dimana RAM melekat dengan kuas yang sudah disiapkan sebelumnya secara hati-hati dan pelan-pelan
  6. Untuk RAM yang tidak terbaca atau hanya sebagian terbacanya, siapkan penghapus pensil atau kertas untuk menggosok bagian RAM
  7. Bersihkan RAM dengan menggosokkan penghapus pensil secara pelan-pelan dan hati-hati hingga kotoran yang menempel benar-benar hilang dan menjadi bersih
  8. Jika dirasa sudah bersih pada tembaga RAM, tempelkan kembali pada motherboard ketika kotoran yang ada benar-benar bersih dan tidak ada bekas karatnya.
  9. RAM yang sudah terpasang kembali dengan baik dan benar, maka PC siap untuk dinyalakan dan digunakan kemabali

Tips Menjaga RAM pada CPU komputer agar tetap awet tentu sangatlah mudah, karena hal ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah ketika ada waktu luang. Sebagai catatan, meskipun cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja, langkah perawatan untuk tetap yang hati-hati dan pelan-pelan sangat perlu untuk Anda lakukan terutama bagi Anda yang tidak ahli dalam bongkar pasang komputer. Membersihkan RAMnya memang mudah, tetapi bongkar pasang RAM pada motherboard adalah hal yang sulit.